Bikin Panik Penumpang! Masker Oksigen Mendadak Keluar di Boeing 777 British Airways

Sumber: thesun.co.uk

Dapatkah Anda membayangkan jika ketika tengah melakoni sebuah penerbangan, tiba-tiba masker oksigen keluar dari langit-langit bangku Anda? Tentu saja Anda semua akan panik, bukan? Pikiran mengenai pesawat yang Anda tumpangi akan jatuh bakal memenuhi isi otak. Namun apa jadinya jika masker oksigen ayng seolah menjadi pertanda sesuatu yang buruk akan menimpa penerbangan tersebut keluar akibat kesalahan dari sang pilot?

Baca Juga: Fakta Unik! Penerbangan Perdana British Airways Ternyata Hanya Membawa Satu Penumpang

Ya, inilah yang terjadi pada pesawat Boeing 777 milik Britania Raya, British Airways dengan nomor penerbangan BA16 yang tengah melakukan perjalanan dari Singapura menuju London beberapa waktu yang lalu. Sekira dua jam setelah pesawat tinggal landas, masalah ini muncul dan sempat membuat seisi kabin panik bukan kepalang.

Mengutip dari laman thesun.co.uk (8/4/2019), adalah Mitchell Webb, 24 tahun, seorang penumpang maskapai tersebut mengatakan bahwa, “layar hiburan dan lampu kabin tiba-tiba mati dan masker oksigen yang keluar dari bagian atas seat kami,” ujar Mitchell yang kala itu tengah mengudara bersama rekannya, Luke Gregory.

Turunnya masker oksigen ini dibarengi oleh pemberitahuan otomatis yang menginstruksikan kepada para penumpang untuk segera memasang masker tersebut. Dapat Anda bayangkan bagaimana paniknya kondisi di dalam kabin British Airways BA16 ini?

Namun siapa sangka, kurang lebih tiga menit pasca masker oksigen ini turun, awak kabin mengumumkan melalui pengeras suara supaya penumpang British Airways BA16 mengabaikan pengumuman darurat sebelumnya.

“Menurut awak kabin, masker oksigen turun karena ada kesalahan teknis dan mereka tengah dalam proses reboot sistem,” terang Mitchell.

Tidak hanya itu, salah satu awak kabin juga mengatakan sesuatu yang sangat meyakinkan kepada para penumpang bahwa penerbangan tersebut tetaplah aman dan tidak ada situasi darurat sama sekali. Setelah sang awak kabin mengumumkan hal tersebut, secara berangsur ketegangan di dalam kabin mulai mereda.

Kendati begitu, para penumpang tidak mendapatkan permohonan maaf sama sekali dari pihak British Airways BA16 terkait insiden yang menakutkan tersebut, “bahkan setelah pesawat mendarat, pilot tidak memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai insiden tadi,” terang Mitchell.

Baca Juga: British Airways Flight 9, Guratan Kelam Dunia Aviasi Akibat Abu Vulkanik

Menanggapi insiden ini, pihak British Airways menyurati masing-masing penumpang BA16 via email yang berisikan permintaan maaf akibat ketidaknyamanan yang tercipta.

“Kami meminta maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi pada penerbangan dari Singapura menuju London … Keselamatan penumpang tetaplah menjadi prioritas kami,” tulis pihak maskapai kepada para penumpang.