Birmingham New Street, Stasiun Kereta Pertama di Inggris yang Adopsi Jaringan 5G

(www.railway-technology.com)

Jaringan komunikasi 4G sepertinya sebentar lagi akan mulai sedikit turun eranya. Pasalnya jaringan 5G kini mulai di uji coba diberbagai bidang dengan salah satunya adalah pada moda transportasi massal seperti bus, kereta atau kendaraan lainnya.

Baca juga: Ford Adopsi 5G Pada Teknologi ‘Komunikasi Antar Kendaraan dan Infrastruktur’ di Tahun 2022

Baru-baru ini, Vodafone meluncurkan uji coba langsung jaringan komunikasi 5G-nya di Brimingham New Street. KabarPenumpang.com melansir dari laman railway-technology.com (5/4/2019), uji coba di Brimingham New Street sendiri adalah yang pertama kali di jaringan Stasiun Inggris.

Uji coba jaringan 5G Vodafone di Inggris, memiliki beberapa bagian dan memungkinkan para penumpang kereta api di stasiun tersebut bisa memuat halaman website atau video secara instan menggunakan perangkat 5G yang kompatibel. Tak hanya itu, Vodafone juga mengundang penumpang di Stasiun Brimingham New Street untuk menguji kecepatan jaringan 5G dengan menggunakan router 5G yang sudah mereka siapkan.

Memiliki latensi yang rendah, membuat penumpang lebih mudah dalam melakukan streaming film ataupun mengunduh file kerja menggunakan jaringan 5G dengan mulus tanpa buffering atau lag. Vodafone sendiri akan memperkenalkan jaringan 5G-nya ke beberapa lokasi stasiun lainnya di Inggris tahun ini.

Sehingga nantinya akan mentransfer jaringan baru di 19 kota hingga akhir 2019. Pengujian langsungnya sendiri tengah dilakukan pada berbagai situs yang terhubung pada jaringan konvegensi serta optik tunggal milik Vodafone.

“Kami sangat senang membawa 5G ke West Midlands, memberikan bisnis, penghuni dan pengunjung konektivitas cepat dan andal bahkan di lokasi yang sangat sibuk seperti stasiun kereta api dan bandara,” ujar Direktur Bisnis Vodafone Anne Sheehan.

Dia mengatakan jaringan 5G tersebut akan memungkinkan aplikasi dan pengalaman baru yang mendukung pengembangan kota. Dimana akan terhubung dan mendapatkan solusi transportasi cerdas. Sehingga, hal ini akan bisa membatu bisnis dalam menerapkan teknologi yang muncul seperti kecerdasan buatan Internet of Things (IoT) dan robotika.

Baca juga: Bersiap Gelar 5G, Bandara Internasional Schipol Hadirkan Jaringan Seluler Indoor Terpadu

Diprakarsai dan didanai bersama oleh Departemen Digital, Budaya, Media, dan Olahraga atau Department for Digital, Culture, Media and Sport (DCMS), Proyek 5G Perkotaan Tersambung Perkotaan Barat atau Urban Connected Communities (UCC) akan menciptakan pengujian 5G di kawasan regional pertama di Inggris, yang akan diluncurkan akhir tahun ini.