Blunder Beruntun! Cathay Pacific ‘Diskon’ Hampir 90 Persen Tiket Penerbangan Portugal – Hong Kong

Boeing 777-300 milik Cathay Pacific. Sumber: Wikipedia

Flag carrier Hong Kong, Cathay Pacific dikabarkan kembali mengalami kerugian setelah pihaknya salah membanderol tiket, hampir mirip dengan kesalahan yang pernah mereka lakukan pada bulan Agustus 2018 silam. Jika pada bulan Agustus kemarin, Cathay menjual tiket kelas bisnis untuk penerbangan dari Vietnam ke New York dengan harga US$675 atau kurang dari Rp 10 juta pergi-pulang, maka kali ini maskapai yang pernah salah cetak livery ini menjual tiket dengan rute penerbangan Hong Kong – Portugal hanya dengan harga Rp21 juta saja.

Baca Juga: OMG! Salah Penulisan Livery Pesawat, Nama Cathay Pacific Menjadi ‘Cathay Paciic’

Sebagaimana yang dirangkum KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber, Cathay kali ini menjual tiket penerbangan tersebut dengan harga yang sangat miring. Padahal, harga asli dari tiket di rute penerbangan antar benua tersebut dibanderol dengan harga sekira US$16.000 atau yang setara dengan Rp231 juta. Dapat Anda bayangkan, pihak Cathay merugi hampir 90 persen dari penjualan tiket di rute tersebut.

Menanggapi hal ini, pihak maskapai mengatakan menerima tiket-tiket yang sudah terlanjur dibeli dengan harga sangat murah itu, dan saat ini sedang “menyelidiki penyebab kesalahannya”. Kesalahan pemasangan harga tiket ini tercantum dalam laman resmi Cathay Pacific pada Minggu (13/1/2019) lalu, dimana mereka menjual tiket penerbangan first class dari Lisbon menuju Hong Kong dengan harga US$1.512 atau yang sekira Rp21 juta.

Padahal, penerbangan serupa via Frankfurt, Jerman dibanderol dengan harga US$16.000 atau yang setara dengan Rp231 juta. Nasi sudah menjadi bubur, pihak Cathay Pacific hanya bisa mengikhlaskan tiket yang dijual dengan harga super miring tersebut dan tidak ambil pusing dengan kejadian yang sudah kadung terjadi ini.

“Kami sedang mencari penyebab utama insiden ini, baik secara internal maupun eksternal, dengan rekanan kami,” ungkap pihak Cathay Pacific dalam sebuah keterangan resmi.

Baca Juga: Cathay Pacific Hong Kong, Ternyata Didirikan oleh Orang Australia dan Amerika

“Teruntuk penumpang yang beruntung karena sudah mendapatkan tiket penerbangan dengan harga super murah tersebut, kami harap Anda bisa menikmati layanan premium yang kami sediakan,” lanjutnya.

Kesalahan beruntun yang dilakukan oleh Cathay Pacific dalam waktu yang hampir berdekatan ini seolah menjadi sinyalbagi pihak maskapai untuk lebih berhati-hati dalam melayani setiap pelanggannya. Alih-alih meraup untung, insiden seperti ini jelas membawa kerugian bagi perusahaan dan bukan tidak mungkin jika pendapatan maskapai ini bisa tersalip oleh rival-rivalnya.

Duh, ada-ada saja, ya!