BMW Hadirkan Dynamic Cargo E-trike yang Tak Perlu Dilipat Ketika Naik Eskalator

0
Dynamic Cargo harus cukup ramping untuk dikendarai di jalur sepeda standar. Foto: BMW

Desainer BMW Group Research telah kembali ke papan gambar mikromobilitas untuk dua konsep baru yaitu Dynamic Cargo e-trike dan kickscooter listrik Clever Commute. BMW juga di masa lalu beberapa kali memiliki konsep mikromobilitas tetapi sebagian besar tak jauh dari tahap konsep.

Baca juga: Uready, Skuter Roda Tiga yang Bisa Dibelokkan

Namun, X2City dan Concept Link telah berhasil diproduksi, BMW jelas tidak akan membuat Dynamic Cargo atau Clever Commute, tetapi sedang dalam pembicaraan dengan produsen lain untuk melisensikan desain sehingga mereka mungkin belum melihatnya di beberapa titik di masa depan.

“Tujuan kami adalah mengembangkan konsep yang mempertahankan kelincahan dan nuansa berkendara dari sepeda biasa sambil menambahkan pilihan transportasi yang inovatif dan aman,” kata Jochen Karg, Kepala Konsep Kendaraan di divisi Teknologi Baru  BMW China.

Dia mengatakan, ‘Concept Dynamic Cargo’ adalah sepeda kargo ‘pick-up’ dinamis pertama yang menggabungkan kesenangan berkendara dengan penggunaan yang fleksibel dan peningkatan kesesuaian sepanjang tahun. Nantinya sepeda tersebut memiliki rangka e-trike kargo dan menyatu dengan bagian belakang.

Di mana poros memungkinkan pengendara untuk bersandar ke sudut, sementara bagian belakang tetap tegak. BMW Mengatakan, pengaturan ini akan menawarkan stabilitas berekendara yang lebih besar di semua kondisi cuaca dibandingkan dengan desain kendaraan roda dua.

KabarPenumpang.com melansir newatlas.com (26/7/2021), area kargo tidak miring ke belokan, sejumlah modul ruang kargo dapat dibuat dengan contoh BMW termasuk mengamankan kursi anak di atas kotak kargo. Selain itu memasang platform tempat tidur datar, melipat kursi malas untuk istirahat berhenti di taman lokal, atau bahkan mengikat papan selancar dan menuju ke pantai.

Konsep Dynamic Cargo memiliki roda depan berjari-jari dan roda belakang kokoh, yang terakhir digerakkan oleh powertrain listrik yang secara otomatis memberikan bantuan segera setelah pengendara mulai mengayuh. Mengingat status desain awal, tidak ada rincian spesifik tentang penggerak listrik tetapi jika hal ini dibuat untuk pasar Eropa, maka Anda dapat mengharapkannya untuk memberikan bantuan hingga 25 km (15,5 mph).

BMW memang menyebutkan bahwa paket baterai yang dapat dilepas harus baik untuk lebih dari 20 km per pengisian daya. Render yang disediakan juga menunjukkan rem cakram di bagian depan, spatbor di setiap roda dan kursi sepeda yang dapat disesuaikan. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah tidak adanya sabuk atau rantai yang menghubungkan engkol ke roda belakang.

Kickscooter listrik Clever Commute telah dirancang sebagai pendamping jarak jauh, dengan BMW mengajukan konsep ini untuk model kepemilikan pribadi dan mobilitas bersama. Ini terlipat ke proporsi yang kompak untuk transportasi antar wahana, dan meskipun dimensi sebenarnya belum dibagikan, BMW menganggap bahwa itu akan muat memanjang di bagasi Seri 3 dan kendaraan di atas tanpa perlu melipat tempat duduk belakang.

Baca juga: Triggo EV – Sepeda Listrik dengan Empat Roda, Bisa Ditarik Bila Parkir

Perancang BMW juga telah menyarankan mode transportasi umum baru di mana dek muncul dan roda belakang berputar pindah ke celah yang dibuat untuk memperpendek panjang keseluruhan. Sehingga pengguna pintar dapat naik eskalator tanpa harus dilipat, atau mungkin terjepit di celah sempit di kereta yang penuh sesak.