Triggo EV – Sepeda Listrik dengan Empat Roda, Bisa Ditarik Bila Parkir

0
Triggo EV sepeda listrik besutan Polandia (newatlas.com)

Sepeda roda empat listrik Triggo terlihat seperti anggota keluarga Twizy. Namun Triggo EV berasal yang dari Polandia ini memiliki beberapa trik rapi yang tidak dimiliki oleh city roller Renault. Mobil ini memiliki bentuk yang condong ke sudut pada bagian depannya.

Baca juga: Roadster, Prototipe Archimoto dengan Tiga Roda dan Tanpa Penutup Atas

Triggo EV juga memiliki baterai yang dapat dilepas serta diganti dan bisa dikatakan hal tersebut tidak umum untuk jenis kendaraan seperti ini. Dilansir KabarPenumpang.com dari laman newatlas.com (22/1/2021), dengan bodi kendaraan yang seperti ini secara stabilitas ketika menikung, roda akan menekuk untuk memperlunak lintasan.

Sedangkan pada jalanan lurus cepat, roda depan quadricycle, listrik didistribusikan secara berbeda untuk meningkatkan efek aspal. Namun, ini belum lah semua, di mana ketika parkir, roda Triggo EV dapat ditarik dengan solusi yang berada di tengah antara roda pendaratan pesawat dan penyangga Piaggio Ciao.

Uniknya Triggo EV memiliki panggilan kuda poni. Yang mana ini dikembangkan untuk berbagi mobil dan pengiriman paket serta memiliki kecepatan melaju tertinggi 90 km per jam. Dalam mode kemudi jelajah atau standar, Triggo EV berukuran lebar 148 cm (58 inci), tetapi dengan kecepatan hingga 35 km per jam (21,7 mph) mekanisme menarik roda depan ke arah sasis dengan lebar 86 cm (34 cm dan radius putar 3,5 m (11,5 kaki) yang bagus untuk parkir atau manuver.

Secara keseluruhan, kendaraan roda empat elektrik yang lucu ini memiliki berat 530 kg (1.168,5 lb), dan memiliki total massa yang diizinkan sebesar 750 kg (1.653,5 lb). Mode lebar atau sempit diaktifkan dari kontrol kemudi datar berbentuk U, yang diapit oleh layar yang menampilkan pemandangan dari sisi kiri dan kanan kamera, dan terdapat kluster instrumen digital di atasnya. Konsol kontrol fisik berada di sebelah kanan untuk mengaktifkan fungsi mengemudi lainnya.

Kendaraan roda empat asal Polandia ini juga dilengkapi mekanisme miring yang memiringkan runabout kota yang serba listrik ke sudut hingga 20 derajat untuk kesan seperti sepeda motor, disemen oleh penumpang yang duduk di belakang pengemudi dalam formasi pembonceng. Pengemudi dan penumpang naik melalui satu pintu yang muncul dan meluncur kembali dengan menekan sebuah tombol.

Kendaraan ini didukung oleh dua motor DC tanpa sikat di bagian belakang, sedangkan konfigurasi baterai saat ini terdiri dari empat baterai skuter 3,5 kWh untuk jangkauan per pengisian daya hingga 140 km (87 mil), dan dapat dilepas dalam lima menit. Kemudi drive-by-wire-nya menggunakan sistem servo yang dikontrol oleh komputer dan dilaporkan membuat Triggo siap untuk mengemudi secara otonom.

Baca juga: Kotak Pengiriman Bisa Atur Suhu Makanan dan Diletakkan di Sepeda Motor Listrik Ösa

Triggo bulan ini meluncurkan prototipe baru dalam seri pra-produksinya, yang akan diuji di jalan umum. Perusahaan ingin membuat kendaraan tersedia untuk operator armada, bisnis ride-hailing dan car-sharing mulai tahun 2022, diikuti oleh layanan taksi otonom tahun berikutnya dan pengujian pengoperasian jarak jauh kendaraan telah dimulai, dalam perjalanan hingga penuh. Pasar sasaran utama termasuk Cina, India dan Rusia.