Boeing Digoyang Masalah (Lagi), Kini Ditemukan Retakan pada Seri 737 NG

0
Boeing 737-800 milik Garuda Indonesia. Sumber: istimewa

Sudah jatuh masih tertimpa segudang masalah, mungkin inilah analogi yang menggambarkan kondisi Boeing, khususnya di lini pesawat narrow body keluarga 737. Belum kelar masalah yang menimpa seri 737 MAX, kini diwartakan ditemukan masalah lain pada seri 737 NG (Next Generation). Padahal, jika boleh dikata, armada seri 737 NG adalah ‘jantungnya’ banyak maskapai global, termasuk di Indonesia seri 737 NG dioperasikan oleh Garuda Indonesia dan Lion Air Group.

Kali ini masalah yang ditemukan pada 737 NG terletak berasal dari ditemukan retakan (crack) pada bagian dekat sambungan sayap dan body pesawat, atau yang akrab disebut Pickles Fork.

Baca Juga: Ditemukan Keretakan Pada Sayap, Airbus A380 Harus ‘Keliling Dunia’ untuk Reparasi

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman businessinsider.com, pada umumnya, Pickles Fork memiliki ‘umur’ yang terbilang cukup panjang – sekitar 90.000 kali take off dan landing. Namun pada temuan kasus Pickles Fork kali ini, pesawat yang ‘mengidap’ keretakan ini padahal baru saja mencatat sekitar 35.000 take off dan landing. Guna menindaklanjuti kasus ini, pihak Boeing kabarnya telah melimpahkan berkas kepada Federal Aviation Administration (FAA).

Menurut berita yang tersiar, retakan ini ditemukan pada saat pihak Boeing melakukan perawatan terhadap pesawat yang sudah sering digunakan. Alih-alih hanya ditemukan pada satu pesawat, ternyata beberapa pesawat jenis serupa juga ikut terdampak. Menanggapi pemberitaan ini, pihak FAA langsung memerintahkan jajarannya untuk melakukan pengecekan lebih lanjut di lapangan.

“Kami juga sudah langsung memberitahu pihak maskapai yang menggunakan varian tersebut (737 NG) terkait temua keretakan ini,” ujar salah satu juru bicara Boeing.

Dikhawatirkan, jika pesawat terdampak masih terus beroperasi, maka kegagalan fungsi pesawat akan terjadi dan menyebabkan kecelakaan. Kendati ada saja setiap peluang kecelakaan yang terjadi, pihak Boeing mengklaim bahwa, “Tidak ada masalah terkait pelayanan (pemeriksaan) yang terjadi,”

Baca Juga: Kenapa Mayoritas Badan Pesawat Berwarna Putih? Ini Dia Alasan Ilmiahnya!

Melansir dari laman resmi Boeing, ada sekitar 100 maskapai yang menggunakan pesawat jenis 737 NG – mulai dari American Airlines, Delta Airlines, EgyptAir, RyanAir, dan Southwest Airlines. Adapun model pesawat yang masuk ke dalam jenis 737 NG adalah 737-700, 737-800, dan 737-900.

“Retak pada Pickles Fork ini tidak ditemukan pada varian 737 MAX,” ujar perusahaan.

Leave a Reply