Jadi “Boncengers” Ojek Itu Harus Nyaman dan Aman

0

Sarana ojek yang kian hari makin berkembang, membuat masyarakat lebih memilih menjadi boncengers dibanding membawa kendaraan pribadi. Naik ojek sama dengan naik kendaraan umum lainnya yang memiliki aturan. Memang aturan untuk naik ojek tidaklah rumit, hanya saja lebih baik di pahami.

Untuk anak muda, memesan dan naik ojek online itu biasa apalagi kalau mendapat motor dengan body besar seperti Kawasaki Ninja atau Yamaha Vixion. Tapi, untuk orang tua seperti ibu-ibu dan nenek-nenek mungkin membonceng dengan motor besar justru menyulitkan. Kesulitan yang biasa dihadapi mereka yakni untuk naik ke atas motor dan duduk yang nyaman saat dibonceng.
gojek-harley4030Seorang boncengers ojek online anak muda maupun orang tua, pasti mencari keamanan, keselamatan dan kenyamanan saat dibonceng. Anda pasti tidak mau kalau sesuatu terjadi saat dibonceng. Berikut ada beberapa hal yang bisa Anda merasa aman dan nyaman saat dibonceng.

Helm
Gunakan helm yang diberikan si pengemudi ojek, gunakan dengan baik bukan di pegang saja. Kalau tujuannya dekat tetap wajib digunakan, karena helm digunakan untuk keselamatan. Andaikata, pengemudi ngebut ataupun tiba-tiba musibah menimpa Anda saat dibonceng, helm adalah keselamatan utama dengan menjaga kepala Anda tidak langsung terbentur bila terjatuh.

Masker
Masker yang diberikan pengemudi, baiknya digunakan. Ini untuk membuat Anda nyaman selama perjalanan. Biasanya sebagai boncengers, debu atau bau yang terhirup tidak terlalu dirasakan, tapi ada baiknya bila masker digunakan untuk kenyamanan Anda saat dibonceng.
18926136_303Celana panjang dan ransel
Sebagai boncengers, baiknya Anda menggunakan celan panjang, bukan hanya memudahkan Anda naik tapi dengan celana panjang duduk menjadi lebih nyaman di bandingkan menggunakan rok (penumpang perempuan). Bila sudah terlanjur menggunakan rok, di usahakan untuk tidak duduk miring. Karena duduk miring membuat Anda tidak nyaman dan membuat keseimbangan pengemudi tidak pas. Sedangkan ransel yang Anda gunakan bisa menjadi penyeimbang antara boncengers dan pengemudi. Namun, pengguna tas selempang atau tas jinjing di sarankan untuk menyandangkan atau meletakkan tas ke bagian depan Anda untuk keselamatan.

Jaket dan sepatu
Sebagai boncengers, baiknya Anda juga menggunakan jaket dan sepatu. Bila Anda tidak ingin kedinginan dan masuk angina karena di bonceng baiknya hindari menggunakan sandal dan baju tipis, gunakan jaket dan sepatu untuk menjaga Anda dari keanginan saat dibonceng.

Pegangan
Pegangan adalah hal paling penting sebagai boncengers. Mungkin Anda tidak akan memegang si pengemudi karena risi, tapi Anda bisa memegang behel motor yang ada di bagian belakang. Ini sangat berguna bila si pengemudi tiba-tiba mengendarai motor dengan kecepatan tinggi demi mengejar waktu agar Anda tidak terlambat.

Leave a Reply