BPTJ Siapkan Bus Gratis Bagi Tamu Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang

Sumber: Kabarnas

Perhelatan olahraga terbesar se-Asia yang diadakan di Indonesia tepatnya akan dilaksanakan di Jakarta dan Palembang tak terasa tinggal menghitung jari. Ya, Asian Games 2018 ke-18 ini untuk kedua kalinya diselenggarakan di Indonesia sejak yang pertama pada tahun 1962 silam.

Baca juga: Dinilai Belum Siap, LRT Jakarta Urung Beroperasi Saat Asian Games 2018

Asian Games 2018 sendiri akan berlangsung dari 18 Agustus hingga 2 September 2018 mendatang. Untuk menunjang transportasi para pendukung negara tetangga yang bertanding, Badan Pengelola Transportasi Jakarta (BPTJ) telah mengalokasikan bus untuk mengangkut para tamu mancanegara ke beberapa tempat wisata baik di Jakarta maupun Palembang, Sumatera Selatan.

Sehingga selama dua minggu tinggal di kota-kota penyelenggara Asian Games 2018 para pendukung dimudahkan dalam bepergian ke tempat wisata atau pertandingan.

“Untuk para pendukung dari negara-negara tetangga, kami akan menyiapkan bus yang akan mengangkut mereka dari hotel ke tempat-tempat wisata serta pusat perbelanjaan. Bus-bus disediakan oleh Kementerian Perhubungan dan benar-benar gratis,” ujar Kepala BPTJ, Bambang Prihartono yang dikutip KabarPenumpang.com dari thejakartapost.com.

Adapun tempat-tempat wisata yang akan dikunjungi yakni Monumen Nasional (Monas) di Jakarta Pusat dan Setu Babakan di Jakarta Selatan yang masih kental dengan pengaruh budaya Betawi. Pada 29 Agustus 2018 mendatang, pengunjung juga akan diajak menikmati pertunjukan wayang Kulit dan pertunjukan budaya tradisional Indonesia.

Baca juga: Warga Jakarta Keluhkan Sistem Buka Tutup Jalan Tol Jelang Asian Games 2018

Selain menyediakan bus sebagai moda transportasi, pihak berwenang lainnya juga melakukan persiapan dengan mengurangi kemacetan di kota menjelang acara dengan menerapkan beberapa kebijakan. Salah satunya yakni kebijakan plat nomor kedaraan roda empat ganjil genal di jalan raya utama kota dan jalur yang dilalui kendaraan peserta Asian Games 2018.

Sebelumnya kebijakan plat nomor ganjil genap sendiri uji cobanya sudah dilaksanakan sejak 2 Juli hingga 31 Juli 2018 kemarin. Sedangkan moda transportasi pendukung lainnya seperti Light Rapid Transit (LRT) Jakarta hingga kini belum jelas apakah akan digunakan atau tidak meski telah melakukan uji coba meluncur di rel.