Bukan Sekedar Isapan Jempol, Hyperloop Transportation Technologies Siap Uji Coba Quintero One

Quintero One. Sumber: newatlas.com

Lama tak tersiar kabarnya, kini Hyperloop Transportation Technologies diberitakan baru saja kedatangan pod penumpang skala penuhnya yang langsung diboyong menuju fasilitas pengujian mereka di Perancis. Pada kesempatan yang sama, CEO dar Hyperloop Transportation Technologies, Dirk Ahlborn mengutarakan bahwa moda ini semakin menunjukkan perkembangan yang signifikan dan siap untuk memasuki layanan komersial pada tahun 2022 mendatang.

Baca Juga: Akhirnya, Hyperloop Transportation Technology Luncurkan Pod Penumpang Perdana

Sebagaimana yang kita ketahui bersama, Hyperloop Transportation Technologies memiliki rival yang sama-sama berbentuk startup, Virgin Hyperloop One. Namun anehnya, kali ini dua rival tersebut malah bekerja sama dengan segenap pihak berwenang dari seluruh penjuru dunia untuk melakukan studi kelayakan yang hampir tak terhitung jumlahnya. Namun dari sekian banyak studi yang telah mereka lakukan, nampaknya Timur Tengah akan menjadi daerah pertama yang merasakan keandalan dari moda futuristik ini.

Seperti yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman newatlas.com (25/1/2019), Hyperloop Transportation Technologies memiliki rencana untuk membangun sistem hyperloop sepanjang 10km di Abu Dhabi, dengan perpanjangan yang menghubungkan ibukota Emirat ke Dubai dan selanjutnya ke Riyadh di Arab Saudi – hampir 1.000km jauhnya.

Mengingat bahwa kedua perusahaan startup ini belum menunjukkan pengoperasian sistem yang hampir mendekati kecepatan suara – kecepatan yang digaungkan dapat ditempuh oleh hyperloop di dalam sebuah tabung hampa udara, ada baiknya semua pihak untuk tidak terlalu berharap pada jadwal yang telah dirilis oleh kedua perusahaan ini. Kecuali keduanya sudah menunjukkan bahwa moda yang selama ini mereka geluti sudah mampu menembus batas kecepatan yang sebelumnya mereka janjikan – 1.000 km per jam.

Namun dengan hadirnya pod penumpang skala penuh ini, Hyperloop Transportation Technologies seolah membuktikan bahwa apa yang selama ini perusahaan tuju, bukanlah hanya sekedar isapan jempol belaka.

Baca Juga: Akhirnya! Hyperloop Transportation Technologies Canangkan Uji Coba Skala Penuh

“Final tests kini tengah berlangsung,” ujar salah satu juru bicara dari Hyperloop Transportation Technologies tanpa menjelaskan lebih lanjut mengenai apa yang tengah diuji atau sampai mana progress tersebut telah berlangsung.

Sebagaimana yang sudah diketahui bersama, adalah Quintero One, armada Hyperloop Transportation Technologies terbuat dari material komposit yang dikenal dengan nama Vibranium – terinspirasi dari logam super dari komik fiktif Marvel Comics. Quintero One sendiri memiliki panjang 32 meter, dengan panjang kabin 15m dan berat sekira lima ton.