Bus Berdaya Baterai Listrik Hantam Jalanan Swedia

bus berdaya baterai listrik buatan Scania. Sumber: scania.com

Swedia, salah satu Negara di benua Eropa ini melakukan terobosan di dunia transportasi. Belum lama ini, produsen otomotif besar asal Swedia yang berspesialisasi memproduksi truk dan bus, Scania AB meluncurkan inovasi terbarunya yaitu bus dengan tenaga baterai listrik. Adapun tujuan mengeluarkan bus berdaya baterai listrik dari perusahaan berlogo griffin ini adalah untuk turut serta berpartisipasi dalam memberikan solusi untuk transportasi umum yang lebih ramah lingkungan. Terciptanya bus ini merupakan pengaplikasian dari ide Menteri Lingkungan Hidup Swedia, Karolina Skog.

Kota Östersund, yang terletak di Swedia bagian Utara dipilih sebagai lokasi uji coba bus bertenaga baterai listrik bernama Scania Citywide LF ini. Lokasi ini dinilai strategis karena memiliki musim dingin dan musim panas yang hangat. Tiga bus yang diuji coba nantinya akan mulai beroperasi pada akhir 2017.

“Uji coba ini merupakan tahap awal dalam pembangunan berkelanjutan dari bus berdaya baterai listrik ini,” kata Anna Carmo e Silva, selaku Kepala Scania Buses and Coaches. Scania baru-baru ini memasarkan bus berbahan bakar alternatif seperti biogas, bioethanol, biodiesel dan bus bertenaga campuran. “Dengan menambahkan bus berdaya baterai listrik ini, kami akan lebih fokus pada transportasi yang berkelanjutan dan mulai menjangkau bus khusus untuk beroperasi di dalam kota,” tambahnya.

Untuk menunjang uji coba bus ini, Scania turut membangun 2 stasiun pengisian baterai baru di kedua ujung rute bus yang berjalan 14 km di jalurnya ini. Waktu yang dibutuhkan untuk mengisi baterai adalah 10 menit. Jika baterai dalam keadaan penuh, bus ini dapat berkelana selama 15 menit. Menurut rencana bis ini akan dioperasikan sebanyak 100 kali perjalanan dalam sehari.

“Pengenalan bus berdaya baterai listrik ini benar-benar menarik,” kata Project Manager Anne Sörensson, Kota Östersund. “Mereka akan memberikan kontribusi untuk tujuan kami mencapai transportasi bebas-fosil pada tahun 2030,” tambahnya.

Uji coba akan dilakukan berkat kerja sama yang dijalin dengan otoritas publik, termasuk Kota Östersund dan Otoritas Transportasi Umum Daerah Jämtland Härjedalen, dan pemasok energi yang dimiliki publik Jämtkraft. Bus-bus tersebut akan dioperasikan oleh Nettbuss, anak perusahaan dari Norwegian State Railways, yang merupakan operator bus terbesar kedua di negara-negara Nordic. Saat ini Scania memiliki beberapa bus berbahan bakar alternatif seperti biogas, bioetanol, biodiesel dan bis berdaya campuran. Di akhir 2019, Scania akan menambah lagi 3 bus listrik baterai untuk diuji