Nikmati Perjalanan dengan Makanan dan Minuman Sehat

www.mipmop.com

Perjalanan dinas ataupun liburan terkadang membuat Anda ingin makan segala jenis makanan baik makanan berat atau makanan ringan. Memang, semua makanan dan minuman itu bisa menambah sedikit tenaga seperti kentang goreng, soda, makanan kecil yang manis-manis. Tetapi justru ini makanan yang membuat Anda tidak sehat selama perjalanan. Dalam setiap perjalanan baiknya Anda melihat porsi makanan dan minumana Anda untuk menjaga kesehatan.

Dilansir dari authoritynutrition.com, ada beberapa tips sehat untuk membeli makanan dan minuman sehat selama perjalanan Anda.

Baca menu sebelum memesan
Biasakan membaca menu sebelum memesan apalagi restoran tersebut baru buat Anda. Pilih makanan berat tanpa makanan pembuka. Jangan memesan pizza atau pasta, coba ganti menu tersebut dengan salad. Atau mengganti daging dengan ikan dan sayuran. Jangan memilih menu dengan banyak roti dan mentega.
1048471ThinkstockPhotos-200464106-001780x390Snack sehat
Jangan membeli snack seperti kerupuk atau chiki, baiknya Anda membeli snack seperti buah, puding atau yogurt yang lebih sehat. Jangan lupa bila membeli makanan kemasan ini cek tanggal kadaluarsanya.

Air mineral
Untuk minuman baiknya beli air mineral dibandingkan soda. Selain tidak sehat, dalam minuman bersoda gula yang pakai juga melebihi batas kalori yang Anda butuhkan. Jauhkan diri Anda juga dari minuman super manis seperti jus kalengan, teh kemasan atau minuman kemasan lainnya yang mengandung banyak gula. Selain air mineral, ada baiknya Anda juga memilih jus buah yang langsung di proses hari itu juga dan minta jangan ditambahkan gula atau susu dalam jus tersebut.

Ganti cemilan dengan kopi
Bila tida suka dengan cemilan, Anda bisa menggantinya dengan secangkir kopi. Jangan lupa, saat memesan kopi, ada baiknya tidak menambahakan gula di dalamnya. Selain mengurangi kalori dan gula berlebih, kopi tanpa gula memiliki manfaat yang besar bagi tubuh Anda.

Hindari makan di tempat cepat saji atau prasmanan
Jauhkan makanan cepat saji dari benak Anda saat bepergian. Makanan ini justru akan membuat Anda cepat merasa kenyang dan lapar dalam seketika. Kalori di dalam makanan cepat saji seperti hamburger ataupun ayam goreng tepung membuat Anda cepat mengantuk dan tidak bisa menikmati perjalanan. Restoran dengan menu prasmanan juga harus Anda hindari, selain banyak pilihan makanan, nantinya dengan makanan prasmanan ini, Anda justru tidak bisa mengontrol alias akan mengambil makanan sesuka pilihan Anda.

Jauhkan alkohol
Ini penting, jangan meminum minuman dengan alkohol. Perjalanan Anda bukannya akan lebih baik, justru akan membuat kacau perjalanan. Kalaupun terpaksa meminumnya, ada baiknya minum dalam gelas ukuran kecil bukan dalam ukuran besar.

Pilih makanan dengan saus sayuran
Baiknya saat memaakan apapun baik salad ataupun makanan berat lainnya, hindari penggunaan saus dari keju. Pilih saus dari sayur seperti saus tomat atau dressing salad minyak zaitun.