Bus Pertama dengan Smart Ticketing Hadir di Greater Manchester Minggu Depan

(Manchester Evening News)

Smart ticketing baru saja hadir di Greater Manchester yang menandai kemajuan terbarunya. Namun meski begitu, kota ini masih tertinggal di belakang London. Bus pertama yang akan memberlakukan smart tiketing ini dengan kartu akan hadir mulai minggu depan.

Baca juga: Benarkah Hadirnya E-Money Dorong Anda Jadi Pribadi Konsumtif?

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman manchestereveningnews.co.uk (14/9/2018), bahwa penumpang di Manchester sudah bisa membeli tiket menggunakan pembayaran tanpa kontak. Langkah ini hadir setelah peluncuran kartu Get Me There tahun lalu untuk membeli tiket di bus dan trem.

Padahal di ibukota Inggris sendiri yakni London pembayaran melalui dompet otomatis dan menghitung tarif keseluruhan ketika berada di dalam atau luar bus sudah berlangsung beberapa tahun. Sedangkan di Manchester, pengemudi masih mengetikkan ongkos dan penumpang akan membayar seperti yang mereka lakukan di toko.

Untuk pembayaran dengan dompet otomatis pun pada trem kemungkinan pada tahun depan, sedangkan kereta api dan bus mengikuti tahun 2021 mendatang. Ini tergantung pada diskusi seputar kemitraan bus antara operator dan pemerintah.

Sementara itu, London baru saja merayakan 15 tahun kartu oyster dan empat tahun pembayaran dengan dompet otomatis. Saat ini baik masyarakat maupun pelancong bisa menggunakan 100 kartu kredit internasional atau kartu oyster untuk menggunakan jaringan kereta api lokal, bus, trem bahkan kapal ferry di London.

“Kami bangga mengumumkan peluncuran pembayaran nirkontak tak terduga di seluruh armada Greater Manchester kami. Kami telah melakukan investasi yang signifikan dalam mesin tiket ‘Ticketer’ baru, yang berarti bahwa kami sekarang dapat menawarkan tanpa kontak sebagai opsi pembayaran bagi pelanggan kami,” ujar Ian Humphreys, managing director First Manchester.

Dia mengatakan langkah itu akan membuat perjalanan bus lebih nyaman. Jika lebih banyak pelanggan beralih dari uang tunai menjadi metode pembayaran digital, maka ini akan membantu mempercepat waktu mengemudi bus dan karena itu akan membuat perjalanan keseluruhan lebih cepat.

Pembelian tanpa interasi juga dapat digunakan untuk membeli tiket kertas hingga nilai £30. Untuk menggunakan permintaan tanpa kontak tiket yang ingin dibeli dari pengemudi, tunjukkan kartu atau ponsel tanpa kontak Anda dan Anda akan menerima tanda terima bersama dengan tiket untuk perjalanan Anda.

Seorang juru bicara Transportasi untuk Utara (TfN) mengatakan, Program Perjalanan Terpadu dan Cerdas masih di jalur untuk menyampaikan sistem perjalanan berbasis akun, memungkinkan penggunaan pembayaran kartu tanpa kontak pada semua moda transportasi umum di seluruh Utara, pada tahun 2021.

Baca juga: Belanja Kebutuhan Rumah di Stasiun Kini Cukup Scan Kode QR

“Bulan lalu kami menerima persetujuan Garis Besar Bisnis dari HM Treasury dan saat ini sedang dalam pengadaan untuk sistem Akun Berbasis Kantor untuk Perjalanan,” ujar juru bicara tersebut.

Stephen Rhodes, Transport untuk direktur pelanggan Greater Manchester, mengatakan orang menginginkan sistem tiket yang lebih baik, lebih sederhana, dan lebih terintegrasi, dan mereka bekerja keras untuk mengirimkannya. Pihaknya akan memperkenalkan sistem zona di Metrolink awal tahun depan, yang akan membuat tarif lebih mudah dipahami dan menawarkan pelanggan lebih banyak fleksibilitas dan nilai yang lebih baik untuk uang mereka.

“Ini akan diikuti dengan pengenalan ticketing berbasis akun tanpa kontak di jaringan, yang akan memungkinkan pelanggan untuk menggunakan kartu bank mereka atau pembayaran pintar lainnya untuk menyentuh dan keluar, dengan perjalanan harian mereka secara otomatis ditutup pada harga terbaik. Selain itu kami bekerja dalam kemitraan dengan Transportasi untuk Korea Utara untuk meningkatkan konektivitas di Korea Utara melalui tiket cerdas melintasi bus, kereta api, dan layanan trem,” ujar Rhodes