Bye-bye Mahal, Mulai 1 April Tarif KA Bandara Soekarno-Hatta Cuma Rp5 Ribu!

0
Perbedaan dan persamaan KA Bandara Premium dengan KA Bandara Eksekutif. Foto: KA Bandara

Bagi penumpang pesawat ataupun commuters yang mengeluhkan tarif KAI Bandara Soekarno-Hatta terlalu mahal, kabar baik menghampiri Anda. Mulai 1 April 2021 mendatang, PT. Railink meluncurkan layanan baru KAI Bandara Premium, dimana tarifnya hanya sebesar Rp5 ribu untuk harga termurah sedangkan tarif termahal sebesar Rp30 ribu, terpaut 100 persen lebih dari tarif KAI Bandara Eksekutif.

Baca juga: KA Bandara Soetta Tawarkan Layanan City Check-In dan Baggage Handling Gratis!

“KAI Bandara Soekarno-Hatta kini hadir dengan pilihan harga yang lebih terjangkau mulai dari Rp5.000,00. Pada tanggal 1 April 2021 nanti kami akan meluncurkan layanan baru yaitu KAI Bandara Premium”, ungkap Plt. Direktur Utama PT Railink Anggoro Tri Wibowo dalam siaran pers yang diterima KabarPenumpang.com.

Untuk tarif termurah KAI Bandara Premium, relasi terjauh untuk keberangkatan dari Manggara dan BNI City hanya sampai Stasiun Batu Cepet. Sedangkan untuk keberangkatan dari Staisun Batu Ceper, relasi terjauhnya hanya sampai Stasiun Duri. Bila ingin melanjutkan ke bandara, penumpang bandara ataupun commuters yang ingin menjajal layanan ini harus merogoh kocek Rp25 ribu untuk relasi Bandara-Batu Ceper.

Adapun tarif termahal layanan baru KAI Bandara Premium yaitu sebesar Rp30 ribu dengan relasi Bandara-Duri, Bandara-BNI City, Bandara-Manggarai, berbanding Rp40 ribu dari layanan eksekutif yang tarifnya seharga Rp70 ribu.

Jadwal keberangkatan layanan baru KAI Bandara Premium tersedia sebanyak 10 keberangkatan setiap hari, dimana jadwal keberangkata dari Stasiun KA Bandara Manggarai pukul 06.07 WIB, 08.37 WIB, 11.07 WIB, 13.37 WIB dan 16.07 WIB sedangkan keberangkatan dari Stasiun Bandara Soekarno-Hatta pukul 07.19 WIB, 09.49 WIB, 12.19 WIB, 14.49 WIB dan 17.19 WIB.

“Uji Coba Layanan KAI Bandara Premium ini tersedia dalam 10 (sepuluh) jadwal keberangkatan setiap harinya, kita akan evaluasi secara berkala disesuikan dengan kebutuhan pelanggan,” jelas Anggoro.

Perbedaan antara layanan baru KAI Bandara Premium dengan KAI Bandara Eksekutif sendiri terletak dari tempat konfigurasi tempat duduknya.

Untuk KAI Bandara Premium tempat duduknya menyamping atau menghadap sisi kanan dan kiri kereta dengan formasi 10×10 dan saling berhadapan. Mirip seperti kursi di KAI Commuter. Sedangan untuk KAI Bandara Eksekutif konfigurasinya 2×2, dimana kursinya menghadap ke depan. Selebihnya, tak ada perbedaan berarti kecuali tarif.

Program ini berlaku untuk KAI Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta. KAI Bandara Executive adalah KAI Bandara yang sudah beroperasional saat ini, sedangkan layanan baru KAI Bandara Premium adalah KAI Bandara Soekarno-Hatta yang mengalami penyesuaian peta atau denah tempat duduk dan tarif pada beberapa jadwal keberangkatan.

“Penyesuaian denah tempat duduk dan tarif ini berlaku pada beberapa jadwal keberangkatan dan tidak semua jadwal keberangkatan mengalami penyesuaian,” tambah Anggoro.

“Tiket KAI Bandara Soekarno-Hatta kelas premium ini hanya berlaku untuk pembelian di channel offline melalui VM & POS serta channel online melalui Website & Mobile Apps, tidak berlaku channel pembelian melalui B2B, Tap & Go, MPOS dan Reduksi atau Corporate Member”, ujar Anggoro.

KAI Bandara memberikan akses yang mudah menuju Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta dengan menawarkan keunggulan-keunggulan kompetitif seperti ketepatan waktu (on time performance), kepastian, kecepatan dan kenyamanan.

Baca juga: Pasang Tarif Rp30 Ribu, KA Bandara YIA Resmi Beroperasi Hingga Stasiun Wojo

Diharapkan, ini menjadi alternatif baru yang bisa mengakomodir kebutuhan dan keinginan para penumpang pesawat ataupun commuters.

“Adanya pilihan layanan tambahan kelas baru ini diharapkan dapat memberi banyak alternatif pilihan bagi pelanggan serta semakin meningkatkan minat masyarakat untuk memanfaatkan transportasi umum sebagai penunjang untuk melakukan mobilitas sehari-hari,” tutup Anggoro.

Leave a Reply