Cara Aman Hindari Cidera Saat Mengangkat Barang Bawaan

0

Jangan anggap enteng urusan mengangkat barang, apalagi jika barang yang diangkat bobotnya lumayan berat. Salah posisi dalam mengangkat, bisa-bisa persedian dan pinggang malah bisa cidera. Mengetahui cara mengangkat barang rasanya mutlak diketahui, khususnya bagi Anda penumpang kendaraan umum yang biasa naik kereta api dan bus.

Dengan mengetahui cara yang mengangkat barang bawaan dengan benar, maka  risiko terkena cidera bisa dikurangi, dan perjalanan Anda bisa berlangsung nyaman sampai tujuan. Dilansir KabarPenumpang.com dari safetysign.co.id, ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk mengangkat barang dengan mudah.

1. Gunakan alat pelindung
Anda harus selalu melindungi tangan dan kaki dengan alat yang sesuai. Agar tangan dan kaki tidak lecet atau cidera.

2. Gunakan tangga
Saat akan mengangkat benda, baiknya letakkan di tempat lebih tinggi atau bisa menggunakan tangga agar mencegah resiko cidera akibat mengangkat beban berat. Jadi jangan langsung mengambil benda tersebut dari tempat yang tinggi.

hima-k3.ppns.ac.id

3. Pastikan bentuk barang bawaan
Baiknya periksa dulu barang bawaan sebelum Anda mengangkat. Ini perlu dilihat karena takut barang yang Anda bawa permukaannya tidak rata atau ada yang menonjol.

4. Lakukan dengan jongkok
Kalau Anda mengangkat dari bawah, baiknya berjongkok atau melipat satu kaki untuk memudahakan mengangkat barang tersebut.

5. Mengangkat beban lurus
Jangan pernah saat mengangkat barang dengan memutar tubuh, ini bisa mengakibatkan Tulang punggung bermasalah. Angkat barang dengan lurus.

6. Selalu tegak
Setiap mengangkat barang, baiknya tubuh Anda selalu tegak, maksimal kemiringan 15 derajat untuk mengurangi tekanan pada bagian perut.

safetysign.co.id

7. Berat sesuai kemampuan
Angkatlah barang yang sesuai dengan kemampuan Anda. Bila barang lebih berat jangan pernah memaksa untuk mengangkatnya atau jangan sesekali Anda mengangkat barang dengan berat yang sama sebanyak dua tumpuk, ini akan membuat tulang punggung cidera dan sakit.

8. Tarik barang agar mudah
Bila barang yang akan diangkat berada di bawah meja atau rak, tarik sebelum mengangkatnya. Kemudian, tahan dengan kaki untuk memudahkan mengangkat barang tersebut.

9. Mengangkat bersama
Bila barang yang akan diangkat terlalu berat, baiknya jangan sendirian. Panggil beberapa orang untuk mengangkat secara bersamaan. Biasanya mengangkat barang dengan bersama akan lebih mudah dan ringan daripada mengangkat sendiri. Dengan bersamaan otot ataupun tulang punggung Anda tidak akan sakit.

10. Gunakan alat bantu
Gunakan alat bantu seperti troli atau gerobak untuk mengangkat beban yang lebih berat dan sulit diangkut. Dengan demikian maka akan mempermudah Anda dalam mengangkat beban.

Leave a Reply