Cegah Penularan Covid-19, Kapal Ferry di Teluk Bothnia Dilengkapi Aplikasi Khusus untuk Penumpang

0
Kapal ferry Wasaline (rivieramm.com)

Berada di nun jauh di utara bumi, tepatnya di kawasan Skandinavia, pun tak terbebas dari penyebaran Covid-19. Alih-alih, dalam iklim dingin, virus corona justru lebih mudah menyebar. Untuk itu, langkah antisipasi penyebaran Covid-19 mutlak dilakukan oleh penyedia layanan transportasi. Setelah ramai penerapan antisipasi di angkutan darat dan udara, kini kapal ferry di Laut Baltik mendapat sentuhan teknologi khusus untuk menghadang penyebaran Covid-19.

Baca juga: Filipina Bangun Kapal Penumpang dengan Teknologi Trimaran untuk Kurangi Emisi Karbon

Apalagi kapal ferry mengangkut penumpang bukan dalam jumlah yang sedikit. Kemudian, pemilik ferry Wasaline baru-baru ini mengadopsi teknologi digital untuk merampingkan pengalaman perjalanan para penumpang. Bahkan mereka melakukan pengurangan biaya tiket dan jumlah penumpang dalam kapal untuk meminimalisir kontak fisik setiap penumpang.

Dilansir KabarPenumpang.com melansir dari laman rivieramm.com (25/6/2020), tak hanya itu, Wasaline juga memperkenalkan kunci digital ke ponsel penumpang dibandingkan menawarkan kartu kunci fisik. Wasaline sendiri menghadirkan kunci digital ini bekerja sama dengan Carus yang menggunakan aplikasi seluler operator ferry itu sendiri.

Pada kapal barunya, Aurora Bothnia, menjadi kapal ferry pertama di dunia yang memasang kunci digital ASSA Abloy untuk semua kabinnya. Kepala eksekutif Wasaline Peter Ståhlberg mengatakan aplikasi mobile ini cukup aman untuk berbagi kunci dengan keluarga dan teman. Ini adalah bagian dari dorongan perusahaan untuk berinvestasi dalam teknologi bagi para penumpang.

“Tujuan kami di Wasaline adalah menjadi operator ferry paling modern, inovatif, aman dan ramah lingkungan di dunia. Kami mencari solusi yang paling hemat biaya dan ini adalah satu bagian penting dari strategi kami,” kata Mr Ståhlberg.

Pada versi yang dikembangkan Carus mereka memberikan label putih dari aplikasi kunci digital tersebut dan Wasaline memberi merek sendiri pada apalikasi tersebut untuk platform layanan penumpangnya. Kepala eksekutif Carus Anders Rundberg mengatakan aplikasi ini nantinya akan tersedia untuk operator lain di seluruh dunia.

“Ini adalah langkah alami dalam evolusi industri ferry. Dengan sistem ini kami dapat membantu operator memangkas biaya dan mengurangi jejak lingkungan mereka,” kata Rundberg.

Ini adalah teknologi tanpa kontak yang dapat mencegah risiko infeksi dari kunci kabin fisik dan interaksi antara awak dan penumpang.

Baca juga: Gunakan Mesin Wartsila 31, Kapal Ferry di Jepang Sangat Efisien dan Ramah Lingkungan

“Dengan pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung, inilah yang dibutuhkan industri,” kata Rundberg.

Wasaline mengoperasikan ferry melintasi Selat Kvarken di Teluk Bothnia, yaitu di perbatasan antara Finlandia dan Swedia . Ini menghubungkan orang-orang di sepanjang pantai Västerbotten di Swedia dan pantai Ostrobothnian di Finlandia yang juga dimiliki oleh kota Vasa dan kotamadya Umeå.

Leave a Reply