Cek Tekanan Angin Ban Sepeda Kini Bisa Lewat Ponsel NFC

0
Tubolit, mengecek tekanan ban sepeda lewat ponsel. Foto: Tubolit

Teknologi pada memang sudah jauh lebih maju, salah satunya teknologi airless atau tanpa angin sehingga membuat ban sepeda anti bocor dan anti kempis. Namun, bagaimana dengan teknologi mengukur tekanan angin? Rasanya ini masih dilakukan dengan cara-cara konvensional, entah dengan menekan ban dengan jari atau memukul ban dengan ujung jari untuk mengetahui tekanan angin pada ban.

Baca juga: Dear Goweser, Jajal Nih Ban ‘Mati’ Canggih Anti Bocor dan Sekuat Baja Buatan NASA

Cara-cara konvensional seperti itu tentu memiliki banyak kekurangan, seperti tidak presisi untuk mendapat angka pasti pada tekanan angin, tidak higienis karena harus bersentuhan langsung dengan permukaan ban yang penuh bakteri dan kuman, serta lebih menggunakan feeling untuk mengetahui tekanan yang pas pada ban.

Padahal, persoalan feeling atau rasa seringkali berbeda-beda. Tak jarang, tekanan ban menurut feeling seseorang seringkali berbeda dengan orang lain. Pada akhirnya performa sepeda bisa menjadi berbeda-beda kendati merek ban dan sepeda itu sendiri sama. Ini tentu menjadi sebuah kerugian tersendiri.

Tak hanya itu, nyawa bisa menjadi taruhannya sebab tekanan ban yang tak presisi. Terkadang, karena tidak adanya teknologi pengecekan ban secara digital dan sejenisnya serta memaksa pengguna untuk mengecek secara konvensional, membuat tekanan ban tak jarang melebihi ambang batas atau ban terlalu keras.

Dalam keadaan tertentu, bisa saja ban sepeda meletus saat tengah digunakan dan membahayakan pengguna. Apalagi saat digunakan di jalan raya yang padat atau di jalan yang tak mempunyai jalur khusus serta bercampur dengan kendaraan bermotor. Tentu sangat berbahaya.

Menyadari hal itu, perusahaan Austria, Tubolito, belum lama ini merilis produk terbarunya ban dalam sepeda yang terbuat dari plastik. Meski demikian, ban dalam itu diklaim kuat tetapi juga ringan, sehingga bisa meningkatkan laju sepeda.

Tak hanya itu, seperti dilansir New Atlas, dalam kaitannya dengan mengecek tekanan ban, Tubolito juga melengkapi ban dalam plastik buatannya itu dengan NFC (Near Field Communication) chip yang dinamakan TUBO-MTB PSENS. Dengan chip tersebut, didukung aplikasi khusus Tubolito di iOS dan Android, pengguna dapat mengetahui tekanan ban dalam satuan bar dan psi hanya dengan mendekatkan ponsel dalam jarak 3 cm yang dilengkapi NFC ke bagian manapun ban.

Baca juga: “Right Bike,” Bantu Temukan Sepeda yang Tepat Bagi Pengendara

Setelah itu, ponsel yang tengah mengaktifkan aplikasi khusus Tubolito tadi, akan menscanning selama beberapa detik dan muncullah tekanan ban dalam bentuk angka dan satuan bar serta psi. Bagaimana, mudah sekali, bukan? Bagi Anda yang berminat, harganya dibanderol US$49,90 atau Rp725 ribu.

Sebagai informasi, untuk mengetahui tekanan ban sepeda saat sedang dikayuh, pengguna bisa mengakses aplikasi lainnya Quarq TyreWiz dan SKS Airspy, rekanan dari Tubolit, dengan dukungan baterai yang ditempel di batang klep sepeda.

LEAVE A REPLY