Collins Aerospace Hadirkan Layanan Panggil Awak Kabin via Smartphone Penumpang

0
Ilustrasi memanggil awak kabin menggunakan tombol

Virus corona telah membuat banyak perubahan yang signifikan pada kehidupan masyarakat saat ini. Salah satunya adalah layanan pemanggilan awak kabin untuk membantu atau meminta kopi yang tidak lagi perlu menekan tombol panggil.

Baca juga: Cegah Corona, Panasonic Avionics Luncurkan In-Flight Entertainment Tanpa Sentuhan

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman sumber timesofindia.indiatimes.com (17/6/2021), seperti yang dihadirkan oleh Collins Aerospace belum lama ini. Di mana mereka menawarkan solusi nirsentuh atau tanpa sentuhan baru dalam penerbangan untuk awak pesawat dan layanan penumpang.

Nantinya penumpang yang mengajukan permintaan layanan dan berbelanja dalam penerbangan akan menggunakan perangkat elektronik pribadi mereka, seperti smartphone. Yang mana hal tersebut dipercaya dapat mengurangi titik kontak penumpang dengan awak kabin.

Yang pasti, ini akan tersedia jika maskapai memutuskan untuk berinvestasi. Raytheon Technologies dan Collins Aerospace selaku perancang solusi ini mengatakan, “electronic cabin bag (eCB)” akan tersedia untuk melayani kebutuhan maskapai. Solusi ini akan mendigitalkan dan mengotomatiskan tugas awak kabin sekaligus memungkinkan penumpang menggunakan perangkat elektronik pribadi mereka untuk belanja dalam penerbangan dan permintaan layanan.

“Dengan mendigitalkan dokumen, proses dalam penerbangan, dan inventaris dalam penerbangan, solusi eCB memberikan informasi yang dibutuhkan awak kabin untuk melayani penumpang dengan lebih baik dalam satu perangkat, menggantikan proses tradisional yang banyak menggunakan kertas. Solusi ini juga menghilangkan kebutuhan penumpang untuk menyentuh tombol panggilani di kabin,” kata Collins Aerospace dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Berkat Check-in Tanpa Sentuhan, Changi Dinobatkan Jadi Bandara Teraman di Dunia

Collins Aerospace menambahkan bahwa eCB lebih ditingkatkan ketika pesawat memiliki koneksi satelit guna memungkinkan verifikasi pembayaran kartu kredit secara langsung atau real time.