CRH380A, Kereta Tercepat Kedua di Dunia, Siap Layani Jalur Jakarta – Bandung

Sumber: youtube.com

Proyek kereta cepat Jakarta – Bandung yang kini masih berkutat dengan masalah pembebasan lahan menimbulkan rasa penasaran yang tinggi pada sebagian orang, entah mereka penasaran dengan sensasi perjalanannya atau hanya sekedar ingin mencicipi naik kereta listrik jarak jauh saja. Dalam pengerjaannya, Indonesia menggaet Cina guna mensukseskan salah satu proyek moda transportasi masa depannya ini. Namun di balik itu semua, tahukah Anda jika kereta yang nantinya digunakan dalam proyek ini merupakan kereta listrik tercepat kedua di dunia?

Baca Juga: Sistem Deteksi Dini Bencana Lengkapi Teknologi Kereta Cepat Jakarta – Bandung

Adalah CRH380A, sebuah kereta listrik cepat asal Cina yang dikembangkan oleh CSR Corporation Limited dan saat ini diproduksi oleh CSR Qingdao Sifang Locomotive & Rolling Stock Co Ltd. sebagai kelanjutan dari program CRH2-350. Baik CRH380A dan CRH2-350 merupakan produk lanjutan dari teknologi luar negeri bernama CRH2, dimana keduanya memiliki kecepatan yang jauh melebihi CRH2. CRH380A dirancang untuk beroperasi pada kecepatan 350 km/jam (217 mph) dan dapat menempuh kecepatan maksimum pada angka 380 km/jam (236 mph) untuk layanan komersial.

CRH380A adalah satu dari empat rangkaian kereta Cina yang dirancang khusus untuk kecepatan operasi standar 380 km/jam pada jalur kereta kecepatan tinggi utama di Cina. Selain itu, CRH380A merupakan satu-satunya kereta yang tidak bertumpu pada desain luar negeri. Walaupun standar kecepatan kereta ini adalah 380 km per jam, namun sebuah rekor tercatat tatkala CRH380A berhasil menembus kecepatan 486,1 km per jam pada saat uji coba di jalur antar kota Shanghai-Hangzhou pada Desember 2010.

Baca Juga: Ingin Menikmati Sensasi Kereta Cepat, Bentang Lebar Rel Harus Diganti

Selain kecepatan, keunggulan lain dari kereta cepat ini adalah desainnya yang futuristik dan elegan. Tidak hanya itu, kereta ini juga digalang-galang tidak menimbulkan getaran sedikitpun saat tengah melaju membawa penumpang.

Di negeri asalnya, kereta ini beroperasi di jalur Shanghai – Nanjing dan Shanghai – Hangzhou di rel khusus kereta berkecepatan tinggi sejak Oktober 2010. Dua bulan berselang, CRH380A mulai membuka jalur operasi baru, yaitu Wuhan – Guangzhou. Walaupun tengah melaju dalam kecepatan tinggi, teknologi pengedap suara juga turut dipasang di kereta ini, seperti yang kebanyakan ditemukan di model transportasi serupa. Para penumpang dijamin dapat merasa aman dan nyaman selama bepergian menggunakan kereta berteknologi canggih ini.

Baca Juga: Jepang Tawarkan Teknologi Kereta Cepat Malaysia – Singapura

Untuk bagian dalam kereta, Anda akan dimanjakan dengan berbagai lounge dan memiliki kompartemen enam kursi deluxe. Selain itu, terdapat juga zona VIP yang terletak di dekat kabin kemudi. Di sana, para penumpang  bisa menekan tombol yang berfungsi untuk membuka tirai kaca elektronik yang akan menyajikan pemandangan menakjubkan selama perjalanan. Fasilitas untuk para penyandang disabilitas juga tersedia di dalam CRH380A, seperti toilet khusus yang menggunakan tombol untuk membuka pintunya. Jadi, apakah Anda masih sabar menunggu kehadiran kereta futuristik ini di Tanah Air?