Dengan High-Throughput Satellite, Penumpang Garuda Indonesia Bisa Streaming Video Selama Mengudara

Garuda Indonesia

Garuda Indonesia kini tengah meningkatkan fokus dalam upayanya untuk menawarkan berbagai pilihan hiburan kepada para pelanggan setianya, termasuk In-Flight Entertainment (IFE) dan akses broadband yang cukup cepat untuk mendukung penumpang streaming selama perjalanan.

Seperti penyedia teknologi nirkabel Indonesia, Mahata Aero Teknologi (MAT) telah mengumumkan kesepakatan menawarkan broadband penerbangan berkecepatan tinggi di atas penerbangan Garuda Indonesia melalui kemitraan dengan Inmarsat, Lufthansa Technik dan Lufthansa Systems.

Baca Juga: Jadi Penumpang Business Class di Boeing 777 Garuda Indonesia, Inilah yang Anda Nikmati

Sebagaimana yang dikutip KabarPenumpang.com dari laman apex.aero (1/11/2018), diketahui maskapai plat merah ini akan melengkapi armada penerbangan domestik dan internasionalnya dengan konektivitas GX Avtiation In-Flight Next Generation milik Inmarsat, dengan koneksi High-Throughput Satellite (HTS) yang cukup cepat untuk mendukung streaming video.

Dalam kerja sama ini, Lufthansa Technik akan mengelola perangkat keras, teknik, instalasi, desain dan sertifikasi untuk proyek yang bersangkutan. Sedangkan Lufthansa Systems akan menangani platform dan integrasi perangkat lunak dengan menggunakan arsitektur terbuka BoardConnect. Kontrak layanan dengan Garuda Indonesia ini merupakan perpanjangan dari kontrak 10 tahun yang terjalin dengan LCC Garuda Indonesia Group, Citilink, yang diumumkan pada APEX EXPO tahun ini.

“Inmarsat terbilang sangat sukses dalam menjalin kerja sama dengan Mahata, Lufthansa Technik dan Lufthansa Systems pada peluncuran GX Aviation dalam penerbangan broadband dengan Citilink,” ujar Wakil Presiden regional Inmarsat Aviation, Ben Griffin.

“Fakta bahwa Garuda Indonesia juga telah memilih layanan untuk armada domestik dan internasionalnya adalah bukti lebih lanjut dari kemitraan ini dan kemampuan layanan kami yang terdepan di pasar,” imbuhnya.

Senada dengan Ben, Direktur Eksekutif PT Mahata Aero Teknologi, Iwan Setiawan juga mengatakan bahwa kemitraan yang terjalin dengan sejumlah perusahaan di atas merupakan bukti nyata dari kerja keras perusahaan untuk menghadirkan layanan prima kepada para mitranya.

Baca Juga: Singapore AirShow 2018: Garuda Indonesia Gandeng Thales Hadirkan In Flight Entertainment

“Ini semakin menegaskan kepercayaan dalam kemampuan kemitraan kami untuk menghadirkan konektivitas canggih kepada penumpang di salah satu pasar penerbangan yang tumbuh paling cepat di dunia,” kata Iwan.

Di lain pihak, Direktur Senior Penjualan Korporat Lufthansa Technik untuk Asia Tenggara dan Subkontinen India, Zang Thio mengatakan, “Ketika kami terus mengeksplorasi cara-cara inovatif lebih lanjut untuk berkolaborasi dengan Mahata, kami bertujuan untuk meluncurkan solusi konektivitas kami untuk pelanggan maskapai tambahan di masa yang akan datang.”