Di Kanada Bawa Ganja Legal di Penerbangan Domestik

Ilustrasi ganja dengan pesawat (Boing Boing)

Tidak semua negara memberlakukan aturan yang sama – tidak terkecuali untuk urusan ganja. Ya, kendati barang semacam ini dilarang beredar di Indonesia tapi tidak bagi negara lain, sebut saja Kanada. Sehubungan dengan ini, otoritas Bandara Internasional Calgary di Kanada memperingatkan setiap orang yang membawa ganja untuk selalu memperhatikan setiap norma yang berkaitan dengan ganja, seperti kapan barang ini boleh digunakan dan berapa banyak linting yang boleh mereka bawa.

Baca Juga: Ganja Legal di California, Tapi Tak Bisa Dibawa Melalui Bandara

“Saya pikir ketika Anda meninggalkan Kanada dengan membawa ganja, ada banyak bandara di luar sana yang bakal mempelajari regulasi lebih lanjut soal ganja,” ungkap Direktur Operasional Terminal untuk Bandara Internasional Calgary, Alan Lawn, dikutip KabarPenumpang.com dari laman calgaryherald.com (16/10/2018).

“Akankah kedepannya kita akan melihat adanya peningkatan pelancong yang mengudara dengan membawa ganja? Tentu jawabannya masih mengawang-awang,” tandasnnya.

Bandara Internasional Calgary sendiri memberlakukan peraturan yang cukup unik dan berbeda dengan bandara lain, dimana mereka mengijinkan setiap penumpang untuk membawa 30 gram ganja – baik di kargo maupun di hand-luggage mereka.

“Ada baiknya para pelancong domestik memasukkan ganja mereka ke dalam plastik transparan sehingga petugas keamanan bandara dapat mengetahui bahwa mereka membawa ganja,” jelas Alan.

“Apabila Anda kedapatan membawa ganja melebihi batas yang diijinkan (30gram), maka petugas keamanan bandara akan berkolaborasi dengan Calgary Police Service untuk menyelidiki lebih lanjut mengenai temuan tersebut,” tandasnya.

Lain cerita dengan penerbangan internasional, Alan menyebutkan bahwa hal tersebut ilegal dan para pelanggar akan dikenai pidana serius. “Kendati ganja legal di Kanada, namun jangan sekali-kali untuk membawa ganja keluar dari perbatasan Kanada – Amerika Serikat, berapapun jumlahnya. Termasuk penerbangan menuju negara bagian Amerika lan yang telah melegalkan ganja,” tutur Alan mengutip pernyataan yang pernah dirilis oleh Pemerintah Kanada.

Baca Juga: Nyeleneh! The Potland Experience Bus Siap Bawa ‘Pelesir’ Anda Bersama Lintingan Ganja di Tangan

Ia melanjutkan bahwa peraturan ini masih tergolong baru, dan akan ada modifikasi di masa yang akan datang seiring dengan sejumlah kasus yang mungkin akan ditemui. Adapun tantangan terbesar yang dihadapi pihak bandara adalah menyadarkan setiap orang untuk patuh terhadap peraturan yang sebelumnya sudah ditetapkan.

“Para pelancong yang berniat untuk membawa ganja di dalam penerbangan domestik mereka, harus sadar akan peraturan yang sudah ditetapkan. Terkecuali untuk penerbangan internasional, ganja tetaplah ilegal.” tutup Alan.