Di Shibuya Tokyo, Toilet Bentuk Jamur Hiasi Jalur ke Kuil Yoyogu Hacimangu

0
Toyo Ito telah merancang toilet berbentuk jamur di Tokyo (dezeen.com)

Bagi pelancong yang mengunjungi Jepang, rasanya tak perlu heran dengan berbagai hal baik teknologi atau bangunan yang ada. Bahkan adanya hal baru tersebut bisa menambah keunikan perjalanan tersendiri bagi para pelancong di Negeri Sakura itu.

Baca juga: Unik, Bangunan Beton Diapit Jalan Layang dan Pintu Stasiun ini Ternyata Toilet

Seperti toilet berbentuk jamur yang diciptakan oleh Toyo Ito sebagai konstribusi pada proyek toilet Tokyo. Toilet khas Ito ini, dibangun untuk menggantikan toilet sebelumnya di bagian bawah tangga yang mengarah ke kuil Yoyogu Hachimangu di distrik Shibuya Tokyo.

Toiletnya berada di dekat hutan kecil yang berisi kuil Yoyogi Hachimangu (dezeen.com)

KabarPenumpang.com melansir dezeen.com (21/7/2021), arsitek Jepang itu membangun tiga blok silinder yang atapnya berbentuk kubah dan mengingatkan pada jamur yang tumbuh di hutan yang mengelilingi kuil tersebut. Toyo Ito menghadirkan model toilet seperti ini untuk memberikan ketenangan serta keramahan yang akan mendorong pelancong menggunakan toilet.

“Saya tidak ingin menggunakan toilet umum sebanyak yang saya bisa, bahkan sebagai laki-laki. Oleh karena itu, kali ini saya ingin mencoba desain kasual yang bisa digunakan dengan tenang dan pikiran yang tenang,” kata Ito.

Jamur pusat terbesar menempel di dinding belakang situs dan berisi toilet yang dapat diakses. Bangunan toilet ini berdiri bebas di kedua sisi yang mana di toilet wanita, disabilitas dan pria. Ketiganya dilapisi dengan warna merah, merah muda dan putih.

Bentuk atapnya pun sedikit naik dengan ada ruang antara bangunan dengan atap yang memungkinkan cahaya alami dan udara masuk ke toilet. Dengan membagi blok menjadi tiga, Ito yakin toilet akan menjadi ruang yang aman bagi semua pengguna.

“Saya berharap Toilet Umum Yoyogi-Hachiman yang dipasang kali ini akan menjadi ‘toilet yang memberikan rasa aman bagi wanita yang dapat digunakan bahkan di malam hari’ dan ‘toilet yang memiliki desain tidak mencolok dan dapat digunakan dengan santai’,” ujarnya.

Blok toilet adalah yang keempat yang direalisasikan oleh pemenang Penghargaan Arsitektur Pritzker sebagai bagian dari proyek Nippon Foundation nirlaba untuk meningkatkan fasilitas di distrik pusat kota Shibuya Tokyo. Fasilitasnya bergabung dengan toilet melingkar sesama pemenang Pritzker Tadao Ando, ​​blok Fumihiko Maki dengan “atap ceria” dan sepasang toilet umum transparan Shigeru Ban.

Baca juga: Wow, Toilet Umum di Jepang Dibuat Transparan

Sebanyak 17 toilet akan dibangun sebagai bagian dari proyek tersebut. Bangunan lain yang baru saja selesai dibuat sebagai bagian dari proyek termasuk toilet berbentuk rumah “ramah” yang dirancang oleh perancang busana Jepang Nigo dan balok kayu cedar yang dirancang oleh Kengo Kuma.