Di Tengah Wabah Virus Corona, Mitsubishi SpaceJet Sukses Terbang Perdana

0
Mitsubishi SpaceJet M90 JA26MJ sukses terbang perdana. Foto: AeroTime

Wabah virus corona atau COVID-19 masih terus membayangi Jepang dengan menewaskan sedikitnya 29 orang. Namun demikian, hal tersebut rupanya tak membuat Mitsubishi menunda kembali ambisinya. Pabrikan asal Jepang tersebut belum lama ini dilaporkan berhasil melakukan penerbangan perdananya pada Mitsubishi SpaceJet M90.

Baca juga: Mitsubishi Uji Coba Regional Jet, Inikah Momen Kebangkitan Industri Dirgantara Jepang?

Dikutip dari laman mitsubishiaircraft.com, Kamis, (19/3), pesawat dengan nomor registrasi JA26MJ tersebut, yang merupakan bagian dari pesawat uji yang ke-10 atau Flight Test Vehicle 10 (FTV10), berhasil lepas landas pada 14:53 dari Bandara Nagoya dan kembali ke bandara yang sama pada 16:40waktu setempat.

Selama sekitar dua jam, pesawat tersebut berputar-putar di atas lautan Samudera Pasifik untuk menguji karakteristik dasar pesawat dalam kondisi normal, seperti saat menanjak, menurun, atau saat berbelok. Pesawat yang dikomandoi oleh dua pilot kawakan Jepang, Hiroyoshi Takase dan Akira Udagawa, tersebut diklaim bekerja dengan baik dan tidak terdapat gangguan apapun.

“Tes penerbangan hari ini berjalan dengan lancar dan sesuai rencana. Pesawat memenuhi ekspektasi dan menangani tepat seperti yang saya perkirakan,” kata kapten pilot FTV10, Hiroyoshi Takase.

Setelah penerbangan perdana Mitsubishi SpaceJet M90, dengan nomor registrasi JA26MJ FTV10, tes penerbangan berikutnya dijadwalkan akan dilakukan pada beberapa pekan ke depan, setelah pabrikan melakukan beberapa penyempurnaan.

“Setelah penerbangan pertama, Mitsubishi Aircraft Corporation bersiap untuk memasuki tahap akhir pengujian sertifikasi penerbangan untuk SpaceJet M90. Tes penerbangan lebih lanjut akan dilakukan di Nagoya dalam beberapa minggu mendatang,” tulis pabrikan asal Jepang tersebut dalam sebuah pernyataan.

“Kabar hari ini sangat menggembirakan, karena menandai dimulainya pengujian penerbangan sertifikasi untuk SpaceJet M90 pertama dalam konfigurasi final yang dapat disertifikasi,” kata Alex Bellamy, Chief Development Officer Mitsubishi Aircraft.

Setelah uji coba kedua yang dilakukan beberapa pekan ke depan dilakukan, FTV10 tersebut akan langsung diterbangkan ke Moses Lake Flight Test Center untuk bergabung dengan armada uji Mitsubishi SpaceJet M90 lainnya, guna melalui tahap akhir dari uji sertifikasi penerbangan.

Baca juga: Meski Bakal Merugi, Mitsubishi Regional Jet Siap Masuk Jalur Produksi di 2020

Mitsubishi Heavy Industries Ltd sebelumnya telah menargetkan bahwa pesawat buatannya akan mulai dikirimkan ke para pelanggannya pada pertengahan 2020 lalu. Namun, setelah sempat tertunda sampai lima kali, mengingat Pesawat Mitsubishi Regional Jet (MRJ) yang kini telah berganti nama menjadi Mitsubish SpaceJet tersebut sejatinya sudah memasuki pengiriman pertama pada 2013 silam, pada 5 Februari 2020 pabrikan tersebut kembali mengumumkan kemballi penundaan pengiriman pesawat. Hal itu disebabkan pesawat harus melewati desain ulang pada sistem kelistrikan. Alhasil, pesawat harus menjalani sertifikasi ulang.

Setelah sukses pada penerbangan perdana, pesawat hasil koloborasi dengan Mitsubishi Heavy Industries dengan Toyota Motor Corporation, yang desainnya dibantu oleh Fuji Heavy Industries, anak usaha Toyota, diharapkan dapat segera memasuki tahun layanan perdananya pada akhir 2021 atau awal tahun 2022.

Leave a Reply