Diselamatkan ‘Polsuska,’ Pria Tua Selamat dari Terlindas Kereta

(Times Now)

Menolong orang dan menjadi terkenal mungkin tidak ada dalam impian setiap orang. Sebab menolong adalah kewajiban setiap manusia apabila manusia lainnya membutuhkan pertolongan dan bantuan. Baru-baru ini seorang Pasukan Perlindungan Kereta Api – Railway Protection Force (RPF) atau di Indonesia Polisi Khusus Kereta Api (Polsuska) menjadi terkenal karena menyelamatkan nyawa seorang penumpang.

Baca juga: Duh! Seorang Penumpang Kereta di India (Kembali) Terseret Rangkaian Kereta

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman timesnownews.com (22/1/2019), seorang RPF yang diketahui bernama Harisha C tersebut menyelamatkan seorang penumpang paruh baya ketika dia tergelincir saat akan naik ke dalam kereta api yang tengah bergerak. Kejadian tersebut terjadi di stasiun kereta api Hospet yanga ada di Bangaluru pada Minggu (20/1/2019) sore.

Aksi heroik Harisha tersebut terekam sebuah kamera video yang akhirnya viral di media sosial dan dipuji banyak warganet atas keberaniannya. Dalam video tersebut seorang pria berusia 55 tahun bernama Gaurav tengah naik ke kereta yang sedang berjalan dengan tujuan Hospet menuju ke KSR Bengaluru di platform 1 Stasiun Hospet.

Sayangnya pria tua itu tiba-tiba kehilangan keseimbangan dan tersandung di pintu kereta saat akan meniaki kereta yang sudah berjalan tersebut. Saat Gaurav terjatuh dibawah jalur kereta, Harisha yang saat itu sadar dan berada dekat peron langsung dengan cepat menolongnya dengan menarik keluar dari celah peron tersebut untuk menyelamatkan.

Karena perlakuan heroik yang dilakukannya, seorang pejabat South Western Railway (SWR) mengatakan Harisha akan diberikan penghargaan atas tindakan cepatnya saat menolong penumpang. Diketahui, Manajer umum SWR, Ajay Kumar Singh yang akan memberikan penghargaan tersebut untuk keberanian yang dilakukan Harisha.

Dalam insiden lain di Ahmedabad awal bulan ini, seorang kepala polisi menyelamatkan nyawa seorang wanita di stasiun kereta api Dahod di Gujarat. Wanita yang diketahui bernama Leela Bai itu tergelincir saat turun dari Awantika Express. Untungnya saat kereta mulai kembali bergerak menuju tujuan berukutnya tiga pria termasuk polisi Bhura Bhai, menyelamatkannya dan berhasil menariknya keluar dari celah antara kereta yang bergerak dan peron.

Baca juga: Sepanjang 2015 – 2017, 50 Ribu Orang Tewas di Jalur Kereta Api India!

Pada Juli 2018 lalu, seorang wanita diselamatkan oleh RPF saat dirinya terjatuh saat turun dari kereta api. Wanita tersebut juga sempat terseret oleh kereta api, untungnya seorang RPF yang dibantu oleh beberapa penumpang lainnya berhasil menyelamatkan nyawa wanita tersebut di Stasiun Kanjurmarg.