PT KAI Perpanjang Tarif Promo KA Galunggung

(Pikiran Rakyat)

Kereta api Galunggung yang beroperasi sejak 26 Desember 2018 lalu masih menggunakan tiket gratis dan berlaku hingga 25 Januari 2019 dalam rangka libur Natal dan Tahun Baru. Namun, PT Kereta Api Indonesia (KAI) ternyata memperpanjang tiket gratis pada kereta relasi Stasiun Kiaracondong menuju Stasiun Tasikmalaya tersebut.

Baca juga: KA Galunggung Rute Kiaracondong-Tasikmalaya Mulai Beroperasi

Kepala Humas PT KAI Agus Komarudin mengatakan, tiket kereta gratis yang diluncurkan pada 26 Desember 2018 hingga 25 Januari 2019 tersebut diperpanjang hingga 25 Februari 2019. Perpanjangan promo ini sendiri, Agus berharap minat masyarakat Tasikmalaya dan sekitarnya meningkat dengan kehadiran kereta api Galunggung.

“Masyarakat bisa lebih meningkat dalam beraktivitas menggunakan kereta api, khususnya tujuan Kiaracondong-Tasikmalaya,” ujar Agus. yang dikutip KabarPenumpang.com dari kompas.com, Rabu (23/1/2019).

Meski tiket untuk menaiki kereta Galunggung masih gratis, tetapi penumpang yang hendak menaiki kereta tersebut tetap harus memiliki tiket yang bisa dibeli di loket. Prosedur lainnya adalah membawa kartu identitas baik itu KTP, SIM maupun paspor.

Pembelian tiket tersebut dilakukan tujuh hari sebelum keberangkatan. Satu orang penumpang bisa membeli hingga empat tiket. Sayangnya penumpang tidak bisa mengubah jadwal kereta. Nantinya keberangkatan mulai tanggal 26 Februari 2019 dan selajutnya, penumpang akan dikenakan tarif oleh PT KAI sebesar Rp35 ribu hingga Rp90 untuk jarak leih dari 58 km.

Sedangkan untuk jarak kurang dari 58 km, penumpang akan dikenai biaya sebesar Rp25 ribu hingga Rp75 ribu. Kereta yang berada di Daerah Operasional (Daop) II Bandung tersebut dalam satu rangkaian keretanya memiliki enam gerbong dengan kapasitas 636 kursi.

KA Galunggung akan berangkat setiap hari dari Stasiun Kiaracondong pukul 06.05 WIB dan tiba di Tasikmalaya pukul 09.25 WIB. Sedangkan dari Tasikmalaya pukul 10.35 dan tiba di Kiaracondong pukul 14.11.

Baca juga: KA Pangandaran, Kereta yang Tak Sampai Stasiun Pangandaran

Kereta Galunggung akan berhenti di delapan stasiun dari arah Bandung dan tujuh stasiun dari arah Tasikmalaya. Delapan stasiun itu adalah Stasiun Cimekar, Rancaekek, Cicalengka, Nagreg, Leles, Cibatu, Cipeundeuy, Ciawi. Sedangkan dari Tasikmalaya ke Bandung yakni Stasiun Rajapolah, Ciawi, Cipeundeuy, Cibatu, Leles, Cicalengka dan Rancaekek.