Dishub DKI Jakarta: Sistem Bikeshare Akan Lebih Banyak Disiapkan di Masa Pendemi

0
Sumber: Bay Area Bike Share

Masa pandemi membuat semua gaya hidup berubah dari keharusan menggunakan masker, jaga jarak dengan orang lain, mencuci tangan hingga penggunaan transportasi massal. Di mana pada pandemi saat ini banyak orang yang masih takut untuk menggunakan transportasi umum.

Baca juga: Volvo Akan Luncurkan Electric Articulated Bus di Busworld Brussels Oktober 2019

Hal ini kemudian membuat Kementerian perhubungan dan berbagai moda transportasi di Jakarta mulai membuat prospek dan inovasi agar masyarakat bisa kembali menggunakan transportasi umum dengan aman dan nyaman seperti sebelumya. Kepala Bidang Angkutan Jalan Dishub DKI Jakarta Susilo Dewanto mengatakan, saat ini penggunaan sepeda sebagai alternatif moda transportasi dapat meringankan beban transportasi umum.

Pihaknya bahkan sudah mengimplementasikan jalur sepeda sementara pada koridor angkutan umum. Selain itu juga menyiapkan sistem bikeshare sebagai penunjang transportasi tidak bermotor di Jalan Sudirman dan MH Thamrin.

Susilo menyebutkan, saat ini sudah ada 76 lokasi parkir sepeda dengan ketersediaan 800 unit sepeda dengan jam operasional dari jam 06.00 pagi hingga 18.00. Selain itu, pihaknya membuat rencana jalur sepeda permanen di Jalan Sudirman dan Thamrin.

Susilo juga mengatakan, untuk penggunaan transportasi umum seperti bus TransJakarta, LRT Jakarta dan MRT Jakarta, kapasitas penumpang yang diangkut sekitar 70 persen dari ketersediaan. Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengatakan, Kemenhub dari sisi implementasi teknologi sedang menyiapkan Grand Design untuk Indonesia dalam transportasi umum.

“Akan ada sepuluh ITS Grand Design untuk tahun 2020 hingga 2030 yakni Electronic Financial System, Advance Travel Demand System, Advance Rural Transportation System, Advance Parking Managment System, Commercial Vehicle System, Emergency Managment System, Advance Vehicle Control and Safety System, Advance Traveller Information System, Advance Public Transportation System dan Advance Traffic Managment System,“ ujar Budi Setiyadi dan webinar bus world, Kamis (18/11/2020).

Baca juga: Volvo Akan Luncurkan Electric Articulated Bus di Busworld Brussels Oktober 2019

Dia menambahkan, beberapa diantaranya pun saat ini sudah mulai dijalankan dan sudah berlaku di ibukota Jakarta.

Leave a Reply