Diskriminasi Larangan Makan di Kereta Komuter Nanjing, Pelancong Asing Bebas Denda

0
Pelancong asing makan di kereta (shanghai.ist)

Larangan makan di moda transportasi massal kerap kali diabaikan oleh penumpang meskipun tanda larangan sudah tertempel dengan jelas di kaca atau pintu. Di Jakarta sendiri saat naik bus TransJakarta, MRT maupun CommuterLine atau kereta listrik (KRL) tanda dilarang makan dan minun terlihat jelas.

Baca juga: Makan Burrito di Dalam Kereta, Penumpang Dimarahi Seorang Pria

Bahkan terkadang sudah ditegur petugas pun banyak penumpang yang mengelak dan tidak memperdulikan peringatan tersebut serta melanjutkan makanan. Tetapi penumpang yang taat aturan saat tidak diperbolehkan minum pun mereka langsung memasukkan botol ke dalam tas dan tidak ada perbedaan larangan dengan pelancong asing.

Tetapi, baru-baru ini para warganet di Cina marah karena ada pelancong asing yang makan di dalam kereta bawah tanah tetapi tidak dikenakan denda sama sekali. Warganet marah dikarenakan pelancong asing ini seperti mendapat hak istimewa di negara mereka karena kasus hukuman yang tidak sama di Metro Nanjing.

Dilansir dari laman shanghai.ist (16/7/2019) oleh KabarPenumpang.com, diketahui pada 10 Juli 2019 seorang warganet menyampaikan kabar secara online ketika staf kereta bawah tanah melakukan inspeksi di satu kereta komuter. Staf kereta tersebut mendenda seorang penumpang asal negeri mereka (Cina) karena makan di dalam kereta api.

Namun, di saat yang sama seorang pelancong asing yang juga naik dalam kereta tersebut kedapatan melahap sandwich yang dibawanya dan hanya diberi peringatan oleh petugas tersebut. Adanya hal ini kemudian yang memicu kemarahan warganet terkait aturan makan dan hukuman yang dikenakan.

Kemudian Metro Nanjing menanggapi hal tersebut dan mengatakan bahwa pelancong asing itu hanya diperingatkan. Menurut mereka, ini karena pelancong asing terkendala bahasa dan Metro Nanjing mengaku memberikan hukuman yang tidak adil serta berjanji memperkuat manajemen di masa depan.

Untuk diketahui, makan di dalam Metro Nanjing sendiri sudah dilarang selama bertahun-tahun. Bila penumpang ketahuan makan, mereka akan di denda antara 20-100 Yuan atau sekitar Rp41 ribu hingga Rp195 ribu.

Baca juga: Makan Es Krim di Dalam Bus Berujung Adu Jotos

Bila ditelusuri, ini adalah insiden ketiga yang terjadi dalam sepekan terakhir dan membuat viral serta di tanggapi warganet yang mengeluhkan hak istimewa orang asing di Cina.

Leave a Reply