Disney Bicara dengan Brightline Seputar Rencana Kereta Berkecepatan Tinggi di Properti

0

Disney World untuk pertama kalinya mengaku kepada publik bahwa telah berbicara dengan Brightline tentang pengembangan stasiun kereta api berkecepatan tinggi di propertinya. Brightline yang juga dikenal sebagai Virgin Trains memiliki keinginan untuk membangun pemberhentian di Disney sejak 2018 lalu.

Baca juga: Redam Kebisingan, Jepang Lakukan Riset Aerodinamika Kereta Cepat dengan Terowongan Angin

Bahkan sejak tahun 2018, Brightline sudah mengajukan dokumen-dokumen ke Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat serta menyertakan peta yang memiliki stasiun Disney ditampilkan di sepanjang rute. Adapun rute kereta berkecepatan tinggi ini adalah untuk mengubungkan Florida Tengah ke Florida Selatan.

Tak hanya itu, di dalam rute tersebut akan mencakup stasiun hub di Bandara Internasional Orlando yang akan dibuka tahun 2022 mendatang. Namun, belum jelas apakah Disney tertarik untuk kehadiran stasiun di properti miliknya.

“Sebagai tujuan liburan utama dan perusahaan tempat kerja tunggal terbesar di Amerika Serikat, Walt Disney World Resort adalah pilihan yang jelas untuk stasiun kereta api antara Bandara Internasional Orlando dan Tampa. Kami telah melakukan percakapan dengan Virgin Train USA, dan belum membuat komitmen pasti, kami telah sepakat untuk lebih mengeksplorasi secara resmi pengembangan stasiun kereta di properti kami,” ujar juru bicara Disney yang dikutip KabarPenumpang.com dari wesh.com (17/12/2019).

Pihak Disney menambahkan, bahwa Brightline sedang mengincar Stasiun Disney dan awal tahun ini sebuah prospektus kepada investor perusahaan menyatakan telah terlibat dalam diskusi dengan pihak berwenang untuk membangun sistem kereta penumpang antara Orlando dan Tampa. Hal ini dengan pembangunan sebuah stasiun di pusat kota Tampa dan berpotensi perluasan ke Disney World.

Diketahui, konstruksi telah dimulai pada jalur kereta api yang menghubungkan Orlando dan West Palm Beach serta sebuah Depo telah dibangun untuk layanan d Bandara Internasional Orlando dekat dengan kompleks Terminal Selatan. Pejabat Brightline mengatakan pemberhentian Disney akan memberi pengunjung dan Floridia opsi bebas mobil untuk mencapai objek wisata yang paling banyak dikunjungi di negara bagian itu.

“Sebuah stasiun yang diusulkan akan menyediakan koneksi kereta langsung ke Bandara Internasional Orlando dan berfungsi sebagai segmen awal untuk perpanjangan Virgin Train di masa depan ke Tampa,” kata Wakil Presiden Senior Brightline Ben Porritt.

Baca juga: Disneyland Resort Line Hong Kong, Kereta Khusus dengan Nuansa Mickey Mouse

Brightline mengumumkan tahun lalu bahwa mereka telah bermitra dengan miliarder Inggris Richard Branson dan akan mengubah namanya menjadi Virgin Trains USA, tetapi perubahan nama itu belum diumumkan secara resmi.

Leave a Reply