Dubai Kian ‘Cerdas,’ Hadirkan Layanan WiFi Gratis di Taksi dengan Portal Khusus Penumpang

0
(gulfnews.com)

Penyediaan akses free WIFi di taksi rasanya tak terlalu memberi nilai tambah bagi pemumpang, terlebih bila taksi melayani rute kota megapolitan yang bertabur koneksi wireless broadband sangat baik. Manfaat yang paling terasa palingan hanya meminilkan kuota data di smartphone. Namun tidak demikian dengan layanan free WiFi pada taksi di Dubai, Uni Emirat Arab. Layanan free WiFi yang ditawarkan disini mencakup jalur apliasi khusus yang memberi value added service tersendiri bagi penumpang.

Baca juga: Transport for London Lacak Pergerakan Penumpang via Jaringan WiFi

KabarPenumpang.com melansir dari laman gulfnews.com (5/9/2019), kehadiran WiFi gratis pada taksi ini merupakan implementasi inisiatif Taksi Tech (taksi dengan teknologi) yang dimulai oleh Roads and Transport Authority (RTA) Dubai. Kehadiran taksi dengan teknologi ini untuk mendorong digitalisasi layanan taksi di Dubai.

Adanya taksi dengan teknologi juga melibatkan penyediaan internet WiFi gratis di taksi dan paket layanan digital bagi penumpang taksi. Selain itu layanan digital tersebut juga mendukung smart city drive yang baru-baru ini meluncurkan layanan taksi e-hailing ‘Hala’ bersama dengan aplikasi Careem.

“Inisiatif ini menyoroti upaya RTA untuk memberi peringkat Dubai kota paling cerdas di seluruh dunia. Inisiatif ‘Taksi Tech’ menyediakan WiFi gratis di semua taksi yang memungkinkan penumpang untuk terhubung ke layanan melalui jaringan WiFi UAE menggunakan smartphone mereka, “kata Khaled Al Awadi, Direktur Sistem Transportasi di Badan Transportasi Umum RTA.

Dia mengatakan, nantinya setelah terhubung, penumpang bisa masuk ke www.taxiconnect.ae untuk mengakses berbagai layanan digital melalui sebuah opsi. Sehingga memungkinkan penumpang ‘berkomunikasi’ dengan pengemudi menggunakan interpretasi instan dari bahasa penumpang ke bahasa yang dipilih pengemudi (translator) dan terlihat dalam tampilan layar meter.

Inisiatif taksi dengan teknologi juga memungkinkan penumpang untuk melacak jalur perjalanan dan berbagi peta dengan kerabat atau rekannya. Opsi lainnya menjelaskan penumpang bisa melihat nilai tukar pasar saat ini untuk mengkonversi berbagai mata uang ke dirham UEA.

Selain itu, penumpang juga dapat mengklik opsi lain untuk menilai kinerja pengemudi dan menangkap layar meteran taksi di ponsel mereka. Ikon lain dirancang untuk mengukur kepuasan atau kebahagiaan penumpang dengan layanan ini.

Baca juga: Bagaimana sih Cara Kerja WiFi OnBoard? Cek Jawabannya di Sini!

“Inisiatif ini adalah yang pertama dari jenisnya di seluruh dunia. Ini menawarkan berbagai layanan digital konsolidasi di bawah satu tautan. Ini melambangkan kegigihan Pemerintah Dubai untuk merealisasikan inisiatif Smart City serta beberapa tujuan strategis RTA yaitu Smart Dubai, People Happiness dan Advance RTA,” kata Al Awadi.

Leave a Reply