Duduk Lama Dengan Kaki Bersilang, Waspada Bisa Mengundang Masalah Pada Kesehatan

0
Ilustrasi bahayanya menyilangkan kaki saat duduk

Sebagai penumpang yang menggunakan transportasi umum seperti bus, kereta api, bahkan pesawat terbang akan merasakan duduk yang cukup lama. Apalagi untuk jarak yang cukup jauh dan perjalanan yang cukup lama. Terkadang, Anda bosan dengan hanya meluruskan kaki atau mengangkat kaki ke tempat duduk, Anda juga tak jarang untuk menyilangkan kaki. Tahukah Anda jika terlalu lama menyilangkan kaki akan banyak dampaknya pada diri dan bisa membuat kaki lumpuh?

Baca juga: Terbang Nonstop Lebih dari 16 Jam, Ini Yang Mungkin Terjadi Pada Anda

KabarPenumpang.com merangkum dari berbagai sumber, dimana duduk dengan posisi kaki saling bertumpukan dalam waktu lama sangat berbahaya. Karena sudah banyak ahli kesehatan yang mengklaim masalah ini.

Alasan utama para ahli kesehatan ini adalah kerusakan terhadap kaki. Ironisnya, masih banyak yang tidak menyadari bahaya tersebut. Tak hanya peningkatan tekanan dan resiko penyakit varises atau pelebaran pembuluh darah balik, posisi kaki yang biasa di sebut lady like atau menyilangkan kaki ini juga berperan besar sebagai penyebab masalah kesehatan.

Dengan menyilangkan kaki, resiko kelumpuhan syaraf peroneal atau tulang betis cukup tinggi, karena dapat menekan syaraf bahkan merusaknya. Posisi kaki seperti ini juga bisa mempengaruhi sirkulasi darah, dimana ketika Anda meletakkan satu kaki di atas kaki lainnya, intensitas jumlah darah akan lebih banyak terpompa ke jantung.

Hal ini yang berakibat negatif pada sirkulasi aliran darah dalam tubuh. Posisi kaki lady like juga memperngaruhi keseimbangan otot paha bagian dalam dan luar, karena dapat menyebabkan ketidakseimbangan tulang panggul dan masalah di bagian persendian salah satunya juga membuat punggung dan leher pegal.

Baca juga: Lakukan Olahraga Selama Perjalanan, Hindari Keram dan Bantu Bakar Kalori

Peradangan kaki, penghambatan pembuluh darah hingga timbulnya pembuluh darah kecil dengan warna merah, biru, ungu yang berbentuk seperti jaring laba-laba atau akar pohon yang tampak di permukaan kulit (Spider Veins) juga akan semakin besar.

Sebenarnya untuk menghindari segala kemungkinan terburuk karena menyilangkan kaki, setiap dua sampai empat menit menurunkan kaki, dapat membantu minimalisir kerusakan, tapi podiatrist (ahli penyakit kaki) menyarankan tinggalkan posisi ini sama sekali. Yang paling baik adalah, jangan duduk menyilangkan kaki atau, bangun dari tempat duduk dan bergeraklah.

Leave a Reply