Dukung Startup Rakit eVTOL, Boeing Pacu Mobilitas di Masa Depan

Cora. Sumber: newatlas.com

Dengan dukungan dari salah satu pendiri Google, Larry Page, perusahaan baru yang berbasis di California, Kitty Hawk, mengaku telah mengantungi sejumlah nama penting yang mendukung upayanya untuk mengembangkan taksi terbang. Dan sekarang, Kitty Hawk juga telah mendapat dukungan dari perusahaan raksasa di sektor aviasi global, Boeing dalam hal pengembangan taksi terbang ini di masa yang akan datang.

Baca Juga: Skai – Moda eVTOL Multifungsi yang Punya Cost per Ride Setara Uber

Kitty Hawk pertama kali memamerkan pesawat Cora buatannya pada tahun lalu – moda electric Vertical Take-Off Landing (eVTOL) dua bangku yang menggunakan 12 bilah baling-baling horizontal pada bagian sayap dan satu baling-baling vertikal pada bagian ekor untuk menggerakkan moda ini ke depan dan ke belakang.

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman theverge.com (26/6/2019), Cora bisa merengkuh kecepatan hingga 110mph atau yang setara dengan 180 km per jam dan menempuh jarak hingga 100 km dalam sekali isi ulang baterai.

Dengan dukungan yang didapat dari Boeing, maka di masa yang akan datang, Kitty Hawk akan secara otomatis mendapatkan bantuan dalam bentuk apapun dari produsen instrumen kedirgantaraan asal Negeri Paman Sam ini. Dukungan ini juga seolah menegaskan konsep “mobilitas udara perkotaan yang aman” yang sama-sama diusung oleh kedua perusahaan – Boeing dan Kitty Hawk.

Entah rencana apa yang ada di dalam eksekutif Boeing di balik dukungannya ini kepada Kitty Hawk, pasalnya, Boeing pun memiliki moda eVTOLnya sendiri. Akankah Boeing mengakuisisi Kitty Hawk? Atau mungkinkah Boeing hanya mengalihkan isu terkait kecelakaan varian 737 MAX? Hanya pihak Boeinglah yang mengetahui jawaban sesungguhnya.

Menanggapi pertanyaan yang semakin meliar di publik ini, pihak Boeing menegaskan bahwa mereka hanya berupaya untuk menerapkan penerbangan yang ramah lingkungan di masa depan.

Baca Juga: Aska – Moda ‘Dua Alam’ Karya Startup AS dan Israel Siap Terbang Perdana di 2020

“Bekerja dengan perusahaan seperti Kitty Hawk membawa kita lebih dekat ke tujuan kita yaitu memajukan masa depan mobilitas,” ujar Steve Nordlund, wakil presiden dan general manager dari Boeing NeXt.

“Kami memiliki visi yang sama dengan Kitty Hawk tentang bagaimana orang, barang, dan ide akan diangkut di masa depan, serta ‘kesejahteraan’ ekosistem dan peraturan yang akan mendukung transportasi itu.” tutupnya singkat.