Edi Sukmoro: PT KAI Tetapkan Masa Angkutan Natal dan Tahun Baru 18 Hari

Jajaran Direksi PT KAI dan KCI, Konferensi masa angkutan Nataru (KabarPenumpang.com)

PT Kereta Api Indonesia (KAI) tengah bersiap untuk menyambut masa angkutan Natal dan Tahub Baru (Nataru) 2018/2019. Tahun ini masa angkutan Nataru ditetapkan selama 18 hari yang dimulai pada 20 Desember 2018 hingga 6 Januari 2019 mendatang.

Baca juga: Habiskan Cuti, PT KAI Hadirkan ’13 Lucky Days’

Direktur PT KAI Edi Kusmoro mengatakan, pada masa angkutan Nataru saat ini, pihaknya sudah menyiapkan total 394 perjalanan dibandingkan tahun lalu 375. Jumlah tersebut meningkat lima persen dibandingkan perjalanan kereta api tahun lalu.

“Per hari ini, kursi yang terjual 38 persen dan masih sisa 62 persen. Jumlah ini sendiri akan berubah setiap harinya,” ujar Edi saat ditemui di JRC, Senin (3/12/2018).

Edi mengatakan, jumlah tersebut adalah total dari kereta reguler maupun kereta tambahan di Pulau Jawa. Sedangkan untuk pulau Sumatera tidak ada penambahan. Edi mengatakan, jalur kereta api Sumatera ditambah atau tidak sama saja.

“Kereta tambahan hanya di Pulau Jawa, Sumatera tidak ada penambahan karena saat tidak masa seperti ini pun penumpangnya tidak seperti Pulau Jawa,” ujar Edi kepada KabarPenumpang.com.

Pada masa Nataru, pihaknya juga melakukan inspeksi jalur sebelum beroperasi untuk mengetahui titik-titik rawan dan perlintasan sebidang.

“Untuk pulau Jawa sendiri ada 269 titik dari Daop 1 hingga Daop 9. Sedangkan untuk Divre I hingga IV ada 41 titik, sehingga bila di total ada 310 titik rawan,” tambah Edi.

Dia mengatakan volume penumpang selama 18 hari masa Nataru diprediksi meningkat empat persen atau 5.317.358 penumpang dibanding tahun lalu sebanyak 5.112.884. Adapaun ini merupakan totalan dari kereta jarak jauh dan lokal yang ada di setiap kota.

Pada punak masa angkutan Nataru, tidak ada tambahan untuk kereta sleeper dan prioritas. Harga tiketnya pun ada yang mengikuti tarif batas atas dan untuk tarif subsidi sendiri merupakan tiket yang paling banyak dicari penumpang.

Baca juga: Punya KAI Access? Ini Cara Mudah Tukar Jadwal Keberangkatan Kereta

“Untuk kereta yang digunakan, semua kereta. Kereta baru yang sudah ada juga dioperasikan,” tambah Edi.

Tak hanya itu, Direktur PT KCI, Wiwik Widayanti menambahkan, untuk masa Nataru, pihakya menyiapkan 938 loop perjalanan. Pada akhir tahun untuk merayakan pergantian tahun, pihak KCI menambah perjalan kereta.

“Kita tambah 20-24 perjalanan dari jam 23.00 hingga 02.00 dini hari,” ujar Wiwik.