Eks Kapal Ferry Penumpang di Inggris Bertransformasi Menjadi Party Boat

Sumber: London Party Boats Ltd.

Sebuah kapal ferry yang mulanya dipergunakan untuk mengangkut penumpang kini memulai tugas barunya sebagai party boat. Adalah Gosport Queen, yang dioperasikan oleh Gosport Ferry Company sebelumnya digunakan untuk menyeberangkan penumpang dari Portsmouth menuju Gosport. Namun kini kapal tersebut sudah tidak lagi melayani pelayaran pendek tersebut dan mulai bernaung di bawah bendera London Party Boats Ltd.

Baca Juga: HYBRIDShip Bangun Kapal Ferry Tanpa Emisi

Tentu saja pengalih-fungsian kapal ferry ini menuai pertanyaan, mengapa perusahaan tidak membeli kapal ferry yang baru saja? “Alasan kami memutuskan untuk membeli kapal ferry bekas adalah untuk penghematan biaya alih-alih kami membangun sebuah kapal baru,” tutur Managing Director dari London Party Boats Ltd., Robert Cairns, dikutip KabarPenumpang.com dari laman maritimejournal.com (18/10/2018).

Gosport Queen. Sumber: Pinterest

“Jika kami membangun sebuah ferry berstandar UK & MCA dari nol, itu akan menghabiskan dana dua hingga tiga kali lipat harga yang kami keluarkan untuk membeli ferry bekas ini,” tandasnya.

Kapal ferry yang diberi nama MV Pearl of London ini selesai ‘didandani’ pada awal Mei 2018 kemarin dan memasuki masa operasinya pada 25 Mei. London Party Boats Ltd. mempercayakan soal desain dan beragam konsultasi kepada Ian Darley, dan Thames Craft Drydocking bekerja sebagai algojo untuk mengeksekusi arahan dari Ian.

Proses pendandanan ini sendiri dimulai pada Juli 2017 – memakan waktu sekitar 16 bulan. Adapun total biaya yang dikeluarkan oleh London Party Boats Ltd. untuk keseluruhan proses transformasi ini sekira £1,1 juta atau yang setara dengan Rp21,9 miliar – termasuk dana untuk membeli kapal ferry. Nantinya, MV Pearl of London ini akan mengarung di Sungai Thames.

Setelah proses renovasi selesai di Thames Craft Drydocking yard di utara Greenwich, proses berlanjut ke tahap fit out yang dikerjakan di Tilbury Dock.

Baca Juga: Ferry Kereta, Penyambung Lintasan Jalur Kereta Antar Pulau

Sebelumnya, saudara dari Gosport Queen, Portsmouth Queen telah terlebih dahulu menghentikan masa operasinya pada tahun 2015 dikarenakan usianya yang sudah tidak memungkinkan lagi untuk beroperasi – 50 tahun.

Pihak Gosport Ferry Company memiliki alasan tersendiri untuk melepas dua kapal ferry yang pernah berdedikasi untuknya. “Sekarang sudah semakin sulit untuk mencari suku cadang untuk kedua kapa ferry tersebut,” ujar pihak perusahaan.