Hubungkan LAX dan Highway 101, Terowongan Demo The Boring Company Siap Dibuka 10 Desember 2018

Sumber: newatlas.com

CEO dari The Boring Company, Elon Musk baru-baru ini mengejutkan publik dengan pernyataan di sosial media yang menyebutkan bahwa terowongan demonstrasi pertamanya sudah hampir rampung. Melalui akun sosial media Twitter pribadinya, Elon mengatakan bahwa terowongan demonstrasi ini siap dibuka pada tanggal 10 Desember mendatang. Tidak hanya itu, entrepreneur kelas kakap ini juga mengungkapkan bahwa akan membebas-biayakan layanan terowongan ini di awal pengoperasiannya.

Baca Juga: Elon Musk Hadirkan Solusi Transportasi Canggih Berbasis Travelator

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman newatlas.com (23/10/2018), ide untuk membangun terowongan pertama kali muncul pada pada Desember 2016. Terowongan ini merupakan salah satu wujud nyata Elon yang selama ini memperhatikan ‘kesengsaraan’ para pengguna jalan di Los Angeles. Kemacetan yang cukup parah membuat Elon tergerak untuk mengatasi masalah tersebut. Alih-alih menambah moda yang malah dapat memperkeruh kemacetan, Elon menggagas untuk melubangi perut bumi dan membuat terowongan – guna memecah konsentrasi penumpukkan kendaraan.

Dengan mengedepankan aspirasi teknologi tertentu, Elon beruyapa untuk menekan biaya pembangunan namun di saat yang bersamaan melipatgandakan output daya. Hal ini memungkinkan mesin bor terus menggali sembari membeton pinggirannya.

Pada Oktober tahun lalu, Elon mulai menempatkan mesin bor ini pertama kali di Los Angeles untuk mulai menggali jalur yang membentang sejauh 21km dari Los Angeles International Airport (LAX) menuju Highway 101. Tentu saja harapan di balik rampungnya terowongan ini kelak adalah supaya angka kemacetan dapat ditekan dimana secara otomatis hal tersebut berimplikasi pada penurunan tingkat pencemaran udara.

Nantinya setiap kendaraan dan pejalan kaki yang menggunakan terowongan ini akan diangkut oleh Express Loop, sebuah papan berdaya listrik yang mampu melesat hingga kecepatan 249km/jam. Dengan begitu, Anda hanya membutuhkan waktu 12 menit saja untuk tiba di Los Angeles International Airport – pun sebaliknya.

Sebenarnya, beberapa bulan yang lalu Elon pernah mengatakan bahwa terowongan demonstrasi ini akan rampung pada bulan Mei. Namun karena satu dua hal, terowongan tersebut baru bisa dibuka untuk umum pada 10 Desember mendatang.

Baca Juga: Bukan Sekedar Wacana, Elon Musk Unggah Foto Terowongan Transportasi LA ke Jejaring Sosial

Menanggapi pernyataan Elon di Twitter, banyak warganet yang lalu mempertanyakan ketepatan waktu tersebut – tidak sedikit juga yang mengapresiasi kinerja Elon bersama The Boring Company.

“10 Desember waktu nyata atau waktu Elon?” tanya seorang warganet membalas cuitan Elon.

“Saya pikir 10 Desember waktu nyata,” jawab Elon singkat.