Eksentrik, Stasiun Nagatoshi Punya “Torii” di Atas Rel

0
Torii di Stasiun Nagano (Twitter @Alpino305)

Banyak stasiun di Jepang yang memiliki ciri khas dan membuatnya unik bahkan terlihat cukup eksentrik. Beberapa di antaranya seperti di daerah Gunma yang memiliki pohon kesemek dan buahnya tergantung di atas peron. Kemudian di Nagano memiliki satu-satunya kebun anggur peron di Negeri Sakura itu.

Baca juga: Stasiun Seiryu Miharashi di Jepang, Stasiun Unik Tanpa Pintu Keluar

Nah, baru-baru ini ada lagi hal yang cukup eksentrik yakni torii berwarna merah terang tepat berada di atas rel kereta api di peron Prefektur Yamaguchi. Dilansir KabarPenumpang.com dari japantoday.com (31/5/2021), torii tersebut menjadi pemandangan misterius pertama kali dan menarik perhatian semua orang pada Maret tahun lalu.

Pemandangan tersebut diunggah oleh akun Twitter @Alpino305 yang mengabadikan foto torii atau gerbang di stasiun prefektur Yamaguchi. Menurut @Alpino305, gerbang ini berada di Stasiun Nagatoshi yang didirikan oleh Departemen Kereta Api Nagato West Japan Railway pada 14 Maret 2020.

Dalam foto tersebut ada sebanyak 20 torii yang dipasang saat jalur Nagato atau Hagi mulai beroperasi antar kedua kota tersebut di jalur utama Sanin. Torii tersebut ditempatkan terpisah 1,5 meter dan bertambah tinggi dengan penambahan tiga sentimeter untuk menciptakan efek 3-D dalam waktu singkat.

Meski torii berada di atas rel, Anda tak perlu lagi bertanya-tanya kenapa ada di atas rel. Sebab jalur kereta yang sebenarnya terletak di samping peron O yang saat ini tidak beroperasi. Uniknya lagi, bukannya ‘menghapus’ jalur itu, perusahaan memutuskan untuk memanfaatkannya dengan baik dan membuat sebuah stasiun menjadi menarik bagi pengunjung.

Torii ini pun menginspirasi dari Kuil Motonosumi yang menjadi salah satu destinasi terkenal di sana. Meskipun kereta berukuran biasa tidak dapat melewati torii di Stasiun Nagatoshi, ukurannya pas untuk dilewati troli pemeriksaan rel kecil, yang akan menjadi perjalanan yang menyenangkan bagi anak-anak jika mereka ingin membuat aktivitas menggambar pengunjung di acara-acara.

Baca juga: Jingle di Stasiun Kereta Jepang, Bangkitkan Semangat Penumpang

Untuk saat ini, gerbang torii di stasiun memiliki aura misteri ekstra di sekitarnya, mengingat stasiun tersebut sebagian besar bebas dari komuter karena pembatasan perjalanan yang disebabkan oleh pandemi virus corona. Torii sendiri adalah gerbang kuil Shinto yang berfungsi sebagai pembatas antara area tempat manusia tinggal dan area suci tempat para Dewa dan Dewi tinggal.

Torii ini adalah dua batang palang yang disangga dengan dua pilar vertikal dan dicat dengan wana oranye yang menyala. Pelancong bisa menemukan torii di gerbang kuil Shinto dan mausoleum kaisar Jepang dan di beberapa kuil Buddha di Jepang.

Bahkan Kuil Fushimi Inari Taisha yang berlokasi di Kyoto ini terkenal akan Toriinya yang indah dan luar biasa. Termasuk sebagai salah satu objek wisata terpopuler di Jepang, para pelancong mengunjungi kuil ini untuk melihat 1000 buah toriinya yang indah.

Leave a Reply