Emirates Jadi Maskapai Pertama Tawarkan Asuransi Covid-19 Gratis ke Penumpang! Simak Syaratnya

0
(Emirates)

Emirates menjadi maskapai penerbangan pertama yang menawarkan penumpang asuransi Covid-19 gratis senilai hingga $174,000. Asuransi kesehatan Covid-19 gratis Emirates itu menjamin kesehatan penumpang bila mana mereka positif terpapar virus yang diduga bersumber dari Wuhan, Cina, itu setelah menyelesaikan perjalanan bersama maskapai asal Dubai, Uni Emirat Arab tersebut.

Baca juga: Emirates Jadi Maskapai Pertama Lakukan Rapid Test Corona ke Seluruh Penumpang

Selain itu, seluruh beban biaya yang ditimbulkan akibat penumpang positif terpapar corona setelah menikmati penerbangan Emirates juga akan ditanggung maskapai. Seperti wajib karantina, biaya perawatan, dan PCR test senilai $115 per hari selama 14 hari.

Pendiri merangkap CEO Emirates, Sheikh Ahmed bin Saeed Al Maktoum, menjelaskan, kebijakan tersebut bukan inisiatif perusahaan yang dipimpinnya, melainkan datang langsung dari Perdana Menteri, Wakil Presiden Uni Emirat Arab, sekaligus Emir dari Monarki Absolut atau Kerajaan Dubai, Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum.

“Langkah ini akan membantu meningkatkan kepercayaan penumpang di setiap perjalanan dan sekali lagi menempatkan Emirates dan Dubai sebagai pemimpin industri penerbangan,” jelas CEO yang juga presiden Otoritas Penerbangan Sipil Dubai, seperti dikutip dari paddleyourownkanoo.com.

Menariknya, jaminan asuransi Covid-19 gratis Emirates ini berlaku selama 31 hari setelah trip pertama mereka bersama salah satu maskapai terbesar di dunia ini. Bahkan, asuransi tersebut tetap berlaku sekalipun penumpang Emirates sudah wara-wiri ke seluruh penjuru dunia.

Apabila penumpang tersebut divonis positif corona, sekalipun patut diduga mereka tertular di tempat lain dan bukan saat atau beberapa hari pasca terbang bersama Emirates, selama masih di bawah 31 hari, biaya pengobatan dan perawatan penumpang positif Covid-19 akan tetap ditanggung maskapai. Luar biasa, bukan?

Layanan asuransi gratis Covid-19 Emirates ini berlaku untuk semua pemesanan tiket hingga Oktober 2020 mendatang. Tak peduli apapun kelas penerbangannya, baik ekonomi, bisnis, maupun first class, tetap akan mendapatkan nilai coverage dengan besaran yang sama.

Meski demikian, layanan tersebut harus disertai dengan bukti konkret berupa hasil tes negatif Covid-19 selama kurang lebih empat hari sebelum perjalanan, sebagaimana kebijakan yang telah dikeluarkan Otoritas Manajemen Krisis dan Darurat Nasional (NCEMA).

Selain mengeluarkan aturan di atas, NCEMA juga mewajibkan penumpang dari 12 negara ‘berisiko tinggi’ untuk melengkapi perjalanan mereka dengan hasil tes negatif Covid-19.

Baca juga: Enak Banget, Penumpang Etihad Bisa Rapid Test dan PCR Test Covid-19 di Rumah! Begini Teknisnya

Tak hanya itu, seluruh wisatawan yang hendak masuk ke Dubai juga diwajibkan memiliki sertifikat negatif Covid-19, baik membawanya dari negara asal maupun tes yang dilakukan di bandara Dubai; termasuk juga penumpang transit, tak peduli asal negara mereka, mulai 1 Agustus mendatang. Namun, peraturan tersebut dikecualikan untuk penumpang dengan kategori anak-anak di bawah usia 12 tahun dan penumpang penyandang disabilitas.

Langkah Emirates tentu membuat kebijakan rapid dan PCR test Covid-19 oleh kompetitor senegara mereka, Etihad Airways, menjadi terlihat usang. Namun, di sisi lain, dari kacamata persaingan usaha, layanan asuransi Covid-19 gratis ini tentu akan semakin mengobarkan persaingan seru maskapai satu negara antara Emirates vs Etihad.

Leave a Reply