Persaingan Maskapai Kelas Wahid Satu Negara: Etihad dan Emirates, Mana yang Lebih Baik?

0
Boeing 777-300 milik Emirates. Sumber: aircraftspotting.de

Sulit rasanya memang jika ada dua kota besar di suatu negara memiliki maskapai unggulannya masing-masing. Beda cerita jika kedua maskapai satu negara ini terbagi ke dalam dua kasta yang berbeda (Full Service dan Low Cost Carrier), namun sayangnya, kedua maskapai ini menyandang predikat sebagai maskapai bintang lima yang memiliki rute operasional hampir ke seluruh penjuru dunia.

Baca Juga: Etihad Airways Buka Lowongan Global di 19 Kota Dunia

Di negara kaya minyak, Uni Emirat Arab, skema di atas nyatanya benar-benar terjadi. Adalah Emirates dan Etihad, dua maskapai kelas wahid yang menjadi kebanggaan Uni Emirat Arab di sektor aviasinya. Pertanyaannya adalah, “mana yang lebih baik? Emirates atau Etihad?”

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman eturbonews.com (28/10), bagi Negara Paman Sam, maskapai penerbangan Etihad agaknya akan menang satu poin ketimbang Emirates – mengingat basis dari maskapai ini ada di Abu Dhabi, sedangkan Emirates di Dubai. Kendati begitu, kedua maskapai ini sejatinya membuka rute penerbangan menuju Amerika Serikat.

Tidak melulu menghubungkan Negara Teluk dengan wilayah-wilayah yang ada di Negara Adikuasa, kedua maskapai ini juga membuka rute penerbangan ke seluruh dunia dan keduanya saling bersaing dalam urusan hub transit penerbangan jarak jauh. Alih-alih persaingan dalam makna pada umumnya, baik Emirates maupun Etihad seyogyanya sama-sama berupaya untuk menjadikan wilayah Uni Emirat Arab sebagai tempat transit yang diproyeksikan akan meningkatkan bea dari sektor pariwisata negara tersebut.

Pun halnya dalam urusan layanan kepada penumpang, dimana kedua maskapai ini sama-sama berusaha untuk menyajikan layanan kelas satu yang didambakan oleh setiap penumpang – dimana ini akan berimplikasi pada persaingan bisnis dan finansial. Salah satu faktor penting yang menunjang kenyamanan penumpang dalam melakukan perjalanan adalah in-flight entertainment.

Tidak perlu diragukan lagi, kedua maskapai ini juga menyajikan gacoannya masing-masing. Jika Etihad memiliki E-box, maka lain halnya dengan Emirates yang memiliki ICE.

Baca Juga: Etihad dan Emirates, Jadi Maskapai Paling Ramah Bagi Keluarga

Jika harus menentukan mana maskapai terbaik di antara kedua pilihan di atas, tentu saja jawabannya tidak bisa disama-ratakan. Dari persepsi penumpang, semuanya bergantung pada rute mana yang hendak Anda tempuh, kapan, dan apa saja yang Anda butuhkan di dalam penerbangan tersebut (in-flight meal, in-flight entertainment, dll). Terlepas dari itu, kedua maskapai ini sama-sama memberikan pelayanan yang maksimal kepada para penumpangnya.

Leave a Reply