Empat Alasan Mengapa Sebuah Kota Miliki Lebih dari Satu Bandara

0
Ilustrasi kepadatan bandara. Foto: futuretravelexperience.com

Banyak kota-kota besar di seluruh dunia memiliki lebih dari satu bandara. Meski terkadang membuat traveler dihadapkan dengan pilihan sulit, keberadaan lebih dari satu bandara di sebuah kota diyakini memiliki sejumlah keuntungan. Keuntungan-keuntungan tersebutlah yang pada akhirnya menjadi dasar kehadiran satu kota memiliki lebih dari satu bandara.

Baca juga: Trump Ingin Ganti Nama Bandara Ini Jadi Bandara Internasional Donald J. Trump

Kentungan terbesar yakni mengurangi kepadatan lalu lintas udara, di samping berbagai kendala teknis semisal keterbatasan lahan. Agar lebih lengkapnya, dikutip dari Simple Flying, berikut empat alasan atau keuntungan mengapa satu kota memiliki lebih dari satu bandara.

1. Membagi Lalu Lintas Udara

Beberapa kota-kota besar di dunia, seperti London, Paris, New York, Chicago, Washington DC, Tokyo, Shanghai, Beijing, Istanbul, dan Moskow, memiliki lebih dari satu bandara. Ambil contoh Washington DC. Di sini, ada dua bandara yang aktif melayani penerbangan, Bandara Washington-Dulles (IAD) dan Bandara Washington-National (DCA).

Sebelum IAD dibangun, Washington-National terlebih dahulu eksis. Seiring berjalannya waktu, kepadatan lalu lintas meningkat dan bandara perlu diperluas. Sayangnya, keterbatasan lahan menghalangi keinginan itu. Sehingga Bandara Washington-Dulles pun didirikan untuk mengurai kepadatan lalu lintas. Agar tak membingungkan, keduanya berbagi tugas, IAD melayani penerbangan internasional dan DCA untuk penerbangan domestik.

2. Mengurai Kemacetan

Bandara di kota-kota besar yang jadi tujuan favorit, seperti London, Paris, dan New York, dan Tokyo, hampir selalu dipenuhi penumpang di musim-musim libur panjang. Jika wisatawan internasional saja sudah cukup membludak dan membuat macet area di sekitar bandara, apalagi ditambah penumpang domestik.

Oleh karenanya, arus penumpang di bandara perlu dipecah agar tak terkonsentrasi ke satu titik. Dengan begitu, volume kendaraan di sekitar bandara akan tetap terkontrol dan macet pun terhindar.

3. Banyak Bandara Bagus untuk Bisnis

Membiarkan sebuah maskapai memonopoli slot keluar-masuk di jam-jam sibuk salah satu bandara tentu tidak baik untuk bisnis. Karenanya, diperlukan kehadiran bandara lain untuk membuatnya tetap kompetitif.

Baca juga: Mengapa Slot Bandara Bisa Sangat Mahal? Inilah Jawabannya

Di Houston, AS, misalnya, United Airlines hampir memonopoli slot keberangkatan dari Bush Intercontinental (IAH) yang lebih besar, sedangkan Southwest Airlines juga berlaku demikian di Houston-Hobby (HOU) yang lebih kecil. Bila satu bandara sudah hampir pasti dimonopoli, maskapai masih bisa bersaing di bandara lain, dan tetap memberikan penumpang pilihan penerbangan.

4. Banyak Bandara Bagus untuk Penumpang

Banyak bandara dipercaya memberikan banyak manfaat bagi penumpang. Pertama dan terpenting, memiliki banyak bandara berarti lebih banyak ruang bagi maskapai untuk mengoperasikan lebih banyak penerbangan. Itu berarti akan lebih banyak penerbangan, lebih banyak persaingan, dan lebih banyak opsi untuk menemukan tarif yang lebih rendah guna menyesuaikan kebutuhan penumpang.