Mengapa Slot Bandara Bisa Sangat Mahal? Inilah Jawabannya

0
Sumber: wikipedia

Bandara menjadi salah satu komponen terpenting dalam rantai industri penerbangan global. Maskapai boleh jadi memiliki citra baik, dengan pesawat dan pilot serta pramugari terbaik. Namun, itu akan jadi tak bernilai bila tanpa bandara. Atas posisi penting itulah, bandara menjadi mahal dan sangat mahal dari segi bisnis. Saking pentingnya, tak jarang maskapai rela membayar mahal slot sebuah bandara untuk bisa lepas landas dan mendarat.

Baca juga: Kurangi Emisi Suara di Tengah Malam, Bandara Heathrow Patok Biaya Ekstra untuk Maskapai

Dilansir Simple Flying, bandara tersibuk di dunia tak selalu mematok slot paling mahal untuk maskapai. Sebab, sangat mahal, mahal, atau tidaknya slot di bandara tidak hanya bergantung pada traffic, melainkan posisi serta lingkungan atau wilayah tempat bandara berada; termasuk jam mendarat dimana jam sibuk di pagi dan menjelang malam pasti akan sangat mahal.

Pada tahun 2016, misalnya, Oman Air dan Bandara Heathrow memecahkan rekor harga dunia untuk sepasang slot (lepas landas dan mendarat). Oman Air membayar US$75 juta untuk hak mendarat di Heathrow, termasuk mendapatkan slot kedatangan di pagi hari yang diperebutkan.

Sebaliknya, Air New Zealand hanya meraup US$27 juta untuk pasangan slotnya ketika keluar dari Heathrow tahun lalu. Namun, pasangan slot Air New Zealand mengizinkan kedatangan pagi menjelang siang dan keberangkatan sore hari – di luar jam sibuk di Heathrow.

Menurut konsultan penerbangan, IBA Aviation, enam kriteria menentukan nilai pasangan slot di bandara mana pun. Keenam itu adalah seberapa sibuk bandara, atau tingkat kendala, seperti apa lingkungan ekonomi secara umum, jam berapa maskapai ingin tiba dan berangkat, seberapa sering maskapai ingin menggunakan slot, seberapa cepat dapat memutar pesawat, dan perbedaan musim yang signifikan di bandara tertentu.

Pada intinya, bila maskapai menginginkan lebih, baik itu dari segi slot parkir, jam tiba dan berangkat, serta lamanya maskapai menggunakan fasilitas bandara, semua itu akan menjadi kolaborasi unik untuk menjadikannya mahal.

Baca juga: 10 Bandara Ini Disebut Sebagai Yang Tersibuk

Perlu diingat pula, setiap bandara memiliki musim kepadatan traffic -yang mempengaruhi harga slot- berbeda-beda. London Heathrow memiliki slot paling mahal -dari segi musim- saat musim panas. Bandara-bandara di sekitar resor ski tentu di musim dingin, seperti bandara-bandara di Amerika Utara.

Akan tetapi, di musim traffic padat seperti kasus di atas, bagi maskapai-maskapai prestige seiring pemakaian bandara secara rutin, tentu akan mendapatkan harga khusus yang membedakan dengan maskapai lain yang hanya seminggu tiga kali atau bahkan seminggu sekali mendarat dan lepas landas di bandara.