Empat Tahun Tutup, Kereta Tertinggi di Amerika Serikat Kembali Melaju di Rel

0
Kereta api bergigi tertinggi di dunia telah kembali dan bergerak lebih baik dari sebelumnya (cntraveler.com)

Lereng Gunung Colorado memiliki banyak pilihan aktivitas selain bermain ski, bersepeda dan mendaki berbagai puncak yang menghiasi negara tersebut. Salah satunya dengan menaiki The Broadmoor Manitou dan Pikes Peak Cog Railway di Manitou Springs untuk menikmati keindahan Corolado dari atas.

Baca juga: Cisomang, Serba-Serbi Jembatan Kereta Tertinggi di Indonesia

Kereta ini pertama kali dioperasikan tahun 1891 oleh penemu kasur Simmons Beautyrest Zalmon Simmons. Dia menemukan pengalaman mendaki hingga ketinggian 14.115 kaki atau 4302 meter dengan kereta api tertinggi di negara Amerika itu yang kemudian ditutup tahun 2017 menyusul evaluasi infrastruktur.

KabarPenumpang.com melansir cntraveler.com (27/5/2021), pada awal penutupannya itu tidak jelas apakah akan dihidupkan kembali atau tutup secara permanen. Namun karena The Pikes Peak Cog Railway memiliki warisan unik di mana ini adalah kereta api bergigi tertinggi pertama di dunia maka pada Mei 2021 mulai direncanakan kembali dibuka.

The Broadmoor Manitou dan Pikes Peak Cog Railway kembali dengan keadaan lebih baik dari sebelumnya setelah ada dana perbaikan sebesar $100 juta. Sebab dengan seratus juta dolar bisa memberi Anda banyak hal termasuk lelucon dari kondektur bahwa dia sekarang adalah bagian tertua dari kereta api karena setiap inci pengalaman, termasuk depot dan pusat pengunjung yang akan datang di puncak, dibangun kembali, ditingkatkan, atau diubah.

Depot utama mempertahankan estetika kota pertambangan abad ke-19 aslinya dengan lapisan cat biru cerah yang baru, tetapi peron kereta kedua, jalan setapak dan kamar mandi serta toko suvenir yang direnovasi sekarang menjadi bagian dari depot juga. Pada 2019, trek dicabut dari dari tanah dan disambungkan kembali dengan yang baru.

Sebelumnya, kereta berjalan pada dua rel roda gigi, sistem baru ini memiliki rel roda baja tunggal yang lebih tebal dari gabungan yang lebih lama, yang meningkatkan kinerja dan keamanan secara keseluruhan. Pada masa itu penumpang masih duduk di bangku kayu. Saat ini, empat kereta api yang telah diperbaharui dan tiga kereta api aluminium baru sepanjang 214 kaki yang dibeli dari Stadler tidak hanya dilengkapi dengan tempat duduk berlapis kain, mereka juga melaju ke Puncak Pikes tidak seperti sebelumnya.

Menjelang akhir perjalanannya ke atas, ketika tanjakan berada pada titik tertajamnya, kereta api merah yang semarak ini melaju dengan kecepatan hampir sepuluh mil per jam. Perjalanan ini dimaksudkan untuk memberikan jalan yang indah ke Fourteener. Perjalanan 70 menit ke Hutan Nasional Pike dan sampai ke puncak penuh dengan pemandangan yang luar biasa, dari batu kuarsa raksasa berusia ribuan tahun yang disebut granit Pikes Peak hingga kanopi cemara biru Colorado, pinus Ponderosa dan pohon Aspen; bahkan air terjun

Tak hanya itu, jika beruntung, Anda mungkin melihat satwa liar seperti domba bertanduk besar, rusa dan elang sesekali. Namun, ketika Anda melewati garis pohon, segalanya menjadi sangat dramatis sepertinya kereta sedang melaju di atas awan. Untuk perjalanan ini tiket pulang-pergi berharga $58, tetapi pertimbangkan untuk membayar biaya tambahan $10 sehingga Anda dapat memilih tempat duduk.

Bila memungkinkan, Anda akan menginginkan kursi A, yang mana ini adalah kursi dekat jendela di sisi kereta yang menghadap ke gunung dan menawarkan pemandangan yang luar biasa. Di puncak Pikes Peak, pemandangan 360 derajat memperlihatkan Taman Para Dewa yang berwarna karat di utara, kota pertambangan Cripple Creek dan benua yang membelah di barat, dan pegunungan Sangre de Cristo di selatan. Tergantung pada jarak pandang, Anda mungkin dapat melihat cakrawala Denver.

Baca juga: Chenab, Jadi Kondang Karena Ada Jembatan Kereta Tertinggi di Dunia

Saat ini, yang benar-benar dapat Anda lakukan di puncak adalah menikmati pemandangan dan mengambil beberapa foto spektakuler. Tapi pusat pengunjung baru, yang akan menampilkan pameran interaktif dan film yang merinci sejarah Pikes Peak, serta restoran, ritel dan teras, akan dibuka pada Juni 2021.

Leave a Reply