Etihad Kerja Sama dengan Bandara Abu Dhabi Hadirkan Kursi Roda Otomatis

0

Kursi roda otomatis untuk memudahkan penumpang yang memiliki mobilitas terbatas kini sudah hadir di Bandara Abu Dhabi. Kehadirannya ini adalah kerja sama denga maskapai Etihad Airways dan WHILL selaku pemasok kursi roda tersebut.

Baca juga: Gandeng Panasonic, ANA Hadirkan Kursi Roda Otonom di Bandara Narita

Kursi roda otomatis ini sendiri diumumkan pada bulan September 2019 kemarin. Adanya kursi roda otomatis bertujuan untuk memungkinkan penumpang dengan mobilitas terbatas agar bisa bergerak di sekitar lingkungan bandara tanpa perlu bantuan petugas.

KabarPenumpang.com melansir laman businesstraveller.com (19/12/2019), uji coba kursi roda otomatis ini sendiri diketahui berlangsung selama empat hari yang dimulai pada 2 Desember. Dalam uji coba ini melibatkan 60 penumpang dengan mobilitas terbatas.

Maskapai mengatakan, para anggota kelompok uji coba tersebut mengemudikan kursi roda dengan menavigasi daerah ramai yang akan dikunjungi dan bersantai sebelum tiba di gerbang mereka. Tak hanya itu, ketika penumpang sudah selesai menggunakannya, kursi roda ini akan kembali dengan sendiri ke dok tanpa bantuan manusia.

Sebab kursi roda otomatis tersebut dilengkapi sensor yang juga bisa mendeteksi penghalang dan memiliki fungsi berhenti otomatis. Etihad mengatakan, selama uji coba tersebut, para petugas tetap ada untuk membimbing penumpang dan menjelaskan cara penggunaannya. Petugas-petugas itu pun juga membantu jika penumpang membutuhkan apapun yang dibutuhkan.

“Kenyamanan adalah salah satu faktor terpenting dalam pengalaman perjalanan hari ini. Kami ingin membuatnya lebih mudah bagi penumpang untuk menikmati bandara kami dengan mudah. Melalui uji coba ini, kami telah menunjukkan bahwa penumpang mobilitas terbatas dan keluarga mereka dapat menikmati kebebasan bergerak yang lebih besar sambil tetap memastikan bahwa teknologi tersebut dapat digunakan dengan aman dan aman di fasilitas kami,” ujar CEO Abu Dhabi Airports Ahmed Al Shamisi.

Baca juga: Lantaran Tak Diberikan Kursi Roda, Penumpang Disabilitas Alami Patah Tulang Saat Ke Toilet

Etihad mengatakan pemetaan intensif dan uji coba kursi roda akan berlanjut selama beberapa minggu mendatang, dan bahwa “evaluasi komprehensif” akan menentukan kelayakan kursi roda di Terminal Midfield bandara. Awal tahun ini, maskapai asal Jepang, yakni All Nippon Airways (ANA) bermitra dengan raksasa elektronik Panasonic Corporation untuk menguji coba kursi roda listrik baru yang dapat dikendarai sendiri di bandara.

Leave a Reply