Gandeng Panasonic, ANA Hadirkan Kursi Roda Otonom di Bandara Narita

Kursi Roda Otonom Kembangan ANA dan Panasonic. Sumber: newatlas.com

Sebagai salah satu prasarana transportasi paling penting di Negeri Sakura, sudah selayaknya jika Bandara Internasional Narita yang ada di Tokyo menyediakan fasilitas yang dapat menunjang kenyamanan dan pengalaman para penumpang yang hendak bertolak atau baru tiba di sana. Salah satu fitur yang paling baru yang ada di bandara yang terletak di Prefektur Chiba ini adalah kursi roda otonom.

Baca Juga: Sah! Bandara Internasional Narita Perpanjang Durasi Pengoperasian Landas Pacunya

Dilihat dari namanya saja, pasti Anda semua sudah bisa menerka-nerka apa keunggulan dari fitur yang ditujukan bagi para penumpang yang mengalami kesulitan untuk melewati serangkaian proses check-in yang ribet. Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman newatlas.com (17/5/2019), kursi roda otonom ini dapat Anda gunakan mulai dari menempuh proses check-in, melewati bagian pengamanan, hingga dengan cepat berpindah menuju pesawat lain ketika melakukan connecting flight.

Kursi roda ini juga dilengkapi dengan space pada bagian belakang yang cukup untuk Anda menyimpan barang bawaan – sekira satu atau dua tas berukuran besar. Patut digarisbawahi, kursi roda ini dikhususkan bagi mereka yang sudah lanjut usia dan mengalami kesulitan untuk bermobilisasi di bandara.

Sumber: newatlas.com

Ternyata, kursi roda otonom ini bukanlah ide dari Bandara Internasional Narita, lho! Melainkan dari salah satu maskapai terbesar di Jepang, All Nippon Airways (ANA) yang bekerja sama dengan Panasonic – dan hasil kerja sama perdana yang terjalin antara dua perusahaan ini adalah kursi roda otonom tersebut. Menurut salah satu juru bicara dari pihak ANA, kursi roda otonom ini akan menggunakan software navigasi pada uji coba yang akan dilakukan di waktu mendatang guna membuat rute kursi roda di bandara, hingga menghindari rintangan selama mengangkut penumpang.

Baca Juga: Bilik Toilet di Bandara Narita Dilengkapi Kertas Tisu Untuk Smartphone

Sebagai langkah awal, nantinya para pengguna kursi roda ini akan didampingi oleh petugas dari ANA. Ke depannya, pihak ANA berharap dapat menjadi pionir dalam pengembangan teknologi serupa.

“Bandara Narita merupakan pintu gerbang menuju Jepang bagi jutaan pelancong setiap tahunnya dan kami berupaya bermitra dengan inovator Jepang terkemuka lainnya untuk memastikan bahwa kedatangan, keberangkatan, dan connecting flight setiap penumpang semuanya jadi senyaman mungkin,” ujar Juichi Hirasawa, Wakil Presiden Senior dari ANA.