Eurostar Tambahkan Layanan Kereta Cepatnya dari London Menuju Belanda

0
Sumber: lonelyplanet.com

Kereta berkecepatan tinggi Eurostar kini memperbanyak jadwal layanannya karena permintaan tinggi dari pelanggan. Eurostar sendiri merupakan layanan kereta berkecepatan tinggi yang menghubungkan Inggris dengan daratan Eropa dan kini tengah menjual tiket untuk layanan langsung harian ketiga dari London menuju ke Rotterdam dan Amsterdam.

Baca juga: Berbagi Pasar dengan Dunia Penerbangan, Eurostar Rilis Layanan Kereta Cepat London-Amsterdam

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman theguardian.com (4/1/2019), layanan tambahan akan diluncurkan pada 11 Juni 2019 mendatang. Ini dihadirkan sebagai tanggapan dari tingginya permintaan pelanggan tujuan Belanda yang diluncurkan pada April 2018 kemarin.

Tarif tiket ini akan mulai dari £35 atau sekitar Rp649 ribu sekali jalan dengan waktu tempuh 3 jam 13 menit dari Stasiun Pancras di London langsung ke Rotterdam dan 3 jam 52 menit hingga tiba ke Amsterdam. Untuk kembali ke Belanda, penumpang akan menghadapi perjalanan yang lebih lama dimana ketika berada di Brussel paspor akan diperiksa di keamanan hingga kedua pemerintahan menyelesaikan perjanjian yang memungkinkan pemeriksaan paspor dilakukan di Belanda.

“Rute baru kami ke Belanda telah disambut dengan permintaan kuat dari para pelanggan kami, yang semakin menghargai kemudahan, kenyamanan, dan pengalaman mulus dari kereta api berkecepatan tinggi. Kereta ketiga setiap hari akan meningkatkan kapasitas sambil menawarkan lebih banyak pilihan dan fleksibilitas bagi pelancong yang menghubungkan antara kota-kota Eropa ini,” kata kepala eksekutif Eurostar, Mike Cooper.

Eurostar menargetkan konversi potensial ke rel berkecepatan tinggi dengan mengatakan perjalanan London-Amsterdam Eurostar mengurangi karbon 80 persen lebih sedikit daripada penerbangan setara. Layanan ketiga akan membawa kapasitas Eurostar pada rute ke setara dengan 12 penerbangan sehari, lebih dari 75 penerbangan seminggu dan 3.900 per tahun.

Layanan tambahan akan meninggalkan London Stasiun Pancras pada pukul 11.04 pagi, sementara keberangkatan kereta harian pertama dimajukan dalam waktu 75 menit hingga jam 7.16 pagi, memberi para pelancong bisnis peluang hari yang lebih panjang. Kereta awal akan mencapai Amsterdam pukul 12.11 waktu setempat.

Rencana untuk layanan yang sangat dinanti-nantikan ini diumumkan pertama kali pada bulan September 2013 tetapi tanggal mulai resmi dapat ditunda sementara kontrol imigrasi dan paspor disetujui. Lebih dari empat juta penumpang per tahun terbang antara London dan Amsterdam, menjadikannya salah satu rute udara tersibuk di Eropa saat Belanda semakin populer sebagai pusat bisnis dan pariwisata utama.

Baca juga: Bersanding Dengan Trans-Siberia, Rusia Siap Bangun Jaringan Kereta Cepat Moskow-Kazan!

Sekretaris transportasi Belanda, Stientje van Veldhoven, mengatakan kepada surat kabar Belanda Algemeen Dagblad pada bulan Oktober bahwa dia antusias tentang layanan kereta api lebih lanjut dan ingin melihat sebanyak mungkin penumpang turun dari pesawat untuk jarak pendek di Eropa. Bandara Schiphol Amsterdam berada di bawah tekanan yang meningkat, dengan slot yang sulit diperoleh pada waktu puncak.

 

 

Leave a Reply