Fasih Bahasa dan Logat Jawa, Petugas Bandara Schiphol Bikin Terkejut Pelancong Indonesia

0
Naldo, petugas Bandara Internasional Schiphol, Amsterdam, Belanda yang bisa bahasa Jawa

Ketika berada di Indonesia dan mendengar warga asli menggunakan bahasa daerah bukanlah hal yang aneh. Ini karena Indonesia terdiri dari beragam suku, bahasa dan ras. Maka bila berada di satu daerah, rata-rata masyarakat akan menggunakan bahasa asli mereka.

Baca juga: Belajar Selama Empat Tahun, Pengemudi Taksi Jepang Fasih Berbahasa Inggris

Namun akan mengejutkan bila bukan orang Indonesia yang fasih dengan salah satu bahasanya. Nah bagaimana jika ada orang asing yang mampu bahkan fasih berbicara bahasa daerah Indonesia? Terkejut? Sudah barang pasti dan mungkin tidak akan percaya sampai Anda membuktikannya sendiri.

Untuk mengurangi rasa penasaran Anda, KabarPenumpang.com mengutip dari laman YouTube milik SerbaBelanda, bahwa ada seorang petugas Bandara Internasional Schiphol di Amsterdam, Belanda sangat fasih bahasa Jawa. Bahkan pria yang diketahui bernama Naldo ini pun bisa mengikuti logat Jawa.

Di mana petugas ini membuat seorang pelancong asal Indonesia bernama Eka Tanjung terkejut karena petugas dibagian handling bagasi itu fasih dan lancar berbahas Jawa. Eka terkejut ketika Naldo menyapanya dengan bahasa Jawa.

Ketika Eka bertanya pada pria asal Suriname ini bagaimana dia bisa berbahasa Jawa dengan fasih, Naldo mengaku di Suriname banyak sekali orang Jawa. Naldo berteman dengan mereka bahkan jalan, makan dan tidur pun dengan orang Jawa.

“Aku sek bareng Karo wong Jowo,” ujar Naldo dalam video tersebut.

Meski dia orang India yang lahir di Suriname, Naldo makan yang sama dengan orang Jawa dan berlaku dengan tata krama yang sama dengan orang Jawa. Naldo mengaku ini bukanlah pertama kalinya dia membuat orang Jawa terkagum dengan kemampuannya.

Baca juga: Wah Ternyata Ada Loh Hari Bahasa Bajak Laut Internasional

Bahkan pria paruh baya ini mengaku belajar selain belajar bahasa Jawa dari teman-temannya, dia juga mengenal banyak makanan seperti bakmie, soto dan gulai. Untuk diketahui, saat berbincang dengan Eka, Naldo belum pernah ke Indonesia meski dirinya lancar berbahasa Jawa.

Leave a Reply