FlixBus Uji Coba Bus Listrik Terjauh di Amerika Serikat

0

Bus listrik ternyata tak digunakan hanya untuk dalam kota saja, tetapi di Amerika Serikat baru-baru ini diuji coba untuk perjalanan jarak jauh. Tepatnya Senin (28/10/2019), bus listrik berwarna hijau cerah melaju sepanjang 85 mil atau sekitar 136 km dari San Francisco ke Sacramento.

Baca juga: Kurangi Emisi, Pemerintah Sydney Bakal Ganti 8000 Bus Diesel Menjadi Bus Listrik

Pada uji coba tersebut, bus terisi penuh dan kemudian kembali lagi ke San Francisco dari Sacramento. Dilansir KabarPenumpang.com dari fastcompany.com (29/10/2019), uji coba ini dijalankan oleh FlixBus dan produsen bus MCI dan menjadi yang pertama dari rute bus listrik jarak jauh di Amerika Serikat.

FlixBus, yang berbasis di Jerman, diluncurkan pada 2013 untuk membantu agar pengemudi kendaraan pribadi tidak lagi menggunakan mobilnya untuk perjalanan jarak jauh dengan membuat bus lebih menarik bagi orang-orang yang mungkin tidak menganggapnya sebagai pilihan di masa lalu.

“Salah satu prinsip utama dari visi kami adalah bahwa mobil tidak sesuai dengan dunia modern kita. Situasi saat ini di mana Anda memiliki 90-92 persen perjalanan jarak jauh yang diambil dengan mobil tidak berkelanjutan. Bahkan jika semua orang bepergian dengan mobil listrik, katanya, akan ada terlalu banyak lalu lintas,” kata Pierre Gourdain, direktur pengelola perusahaan di AS.

Perusahaan menggunakan bus modern yang dilengkapi WiFi dan soket listrik serta memiliki aplikasi yang memungkinkan pengendara melacak bus yang mendekat seperti Uber, dan menawarkan tarif rendah.

“Mari kita temukan kembali cara pengirimannya, mari kita temukan kembali cara penjualannya dan cara mereknya untuk membuat bus menjadi dingin kembali dan membawa orang keluar dari mobil mereka,” kata Gourdain.

Sekarang menawarkan beberapa rute di Eropa dan AS, bermitra dengan operator bus yang memiliki dan menjalankan bus karena menangani pemasaran. Langkah alami berikutnya,  adalah pindah ke bus listrik. FlixBus pertama kali meluncurkan rute bus listrik di Perancis dan Jerman pada tahun 2018.

“Mereka masih dijalankan hari ini dengan bus listrik yang sama, jadi kami telah melihat bukti dan bukti jarak jauh dan kemampuan jangka panjang dari brankas dan Opsi listrik yang dapat diandalkan di luar negeri, ”kata Michael Kahn, kepala pengembangan bisnis di FlixBus USA.

MCI, pabrikan bus yang akan digunakan perusahaan di AS, kini menggunakan uji coba pilot untuk membuat perubahan akhir dari desain sebelum manufaktur dimulai dan bus-bus menghantam jalan, kemungkinan pada akhir 2020 atau awal 2021. Beberapa rute pertama akan mencakup San Francisco ke Sacramento, LA ke San Diego, dan Portland ke Seattle.

Bus-bus tersebut memiliki jangkauan proyeksi 158 mil. Perusahaan induk FlixBus, Flixmobility, memiliki tujuan untuk perjalanan bebas CO2 100 persen pada tahun 2030, juga mulai menjalankan kereta api yang mengandalkan energi hijau di Eropa, dan sedang menguji teknologi lain, termasuk bus yang beroperasi pada sel bahan bakar, membuat rute jarak yang lebih jauh mungkin.

Rute yang lebih panjang ini juga dapat membantu mengganti perjalanan pesawat. Gourdain mengatakan bahwa perusahaannya telah melihat peningkatan penjualan tiket bus di beberapa negara Eropa di mana perjalanan pesawat menurun karena kekhawatiran tentang perubahan iklim. Itu kemungkinan akan tumbuh seiring perusahaan terus beralih ke teknologi bersih.

“LA ke Vegas adalah contoh yang bagus dari rute yang saat ini tepat di luar jangkauan apa yang dapat dilakukan oleh model bus listrik saat ini, tetapi merupakan kandidat yang hebat, seiring dengan meningkatnya teknologi, untuk menggantikan banyak orang yang bepergian dengan pesawat. Terutama ketika kamu harus berurusan dengan LAX, kamu benar-benar tidak menghemat banyak waktu dengan pergi ke bandara dan terbang. Dan tentu saja, emisi yang Anda berkontribusi terhadap tiket pesawat jauh lebih banyak,” kata Kahn.

Tiket untuk rute listrik jarak jauh pertama di AS akan mulai dari $10 hingga $15. Gourdian mengatakan, kebanyakan orang tidak pernah naik dan mungkin tidak akan naik mobil listrik untuk waktu yang lama karena mereka masih sedikit di luar kisaran harga-bijaksana untuk sebagian besar penduduk.

Baca juga: Operasikan 400.000 Unit, Populasi Bus Listrik Terbesar Masih di Cina

“Dan kami berpikir bahwa bagi banyak orang, pengalaman pertama mereka dalam perjalanan bersih adalah dengan bus listrik. Di satu sisi, itu benar-benar alat transportasi listrik untuk 99 persen,” jelasnya.

Leave a Reply