FlixTrain Mulai Masuki Pasar Kereta Api Perancis

0
(Railway Gazette)

FlixTrain yang merupakan salah satu operator kereta api baru-baru ini mengajukan permintaan kepada regulator kereta Prancis Arafer untuk lima rute. Kelima rute ini akan mulai meluncur pada 1 Januari 2021 mendatang. FlixTrain sendiri berencana untuk bersaing dengan operator lama SNCF Mobilities.

Baca juga: Petinggi Perancis dan Maroko Lakukan Inagurasi Kereta Cepat Pertama di Afrika

Layanan FlixTrain ini nantinya akan mencakup empat rute domestik dan satu rute internasional. Permintaan ini setelah empat tahun pengenalan kereta berbiaya rendah di Perancis.

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman railwaygazette.com (18/6/2019), layanan rute yang diusulkan adalah antara Paris dan North serta Brussel dan North. CEO FlixBus di Perancis Yvan Lefranc-Morin mengatakan, tujuan utama memilih jalur tersebut adalah mendapat keuntungan dari saling melengkapi kedua moda transportasi.

“Koneksi kereta api kami tidak akan mematikan jalur bus kami,” jelasnya.

Dia menambahkan, meski asal dan tujuannya sama, tetapi pihaknya melayani rute lain dengan jadwal dan tarif yang berbeda. Di Jerman, integrasi ini sendiri berfungsi dengan baik.

“Kami telah mengangkut satu juta penumpang selama tahun pertama eksploitasi. “Di Perancis, perusahaan ingin siap pada 2021,” kata Yvan.

Proyek-proyek yang diajukan oleh FlixTrain semuanya berhubungan dengan koneksi Paris-Utara – Brussels-Utara, Paris-Bercy – Lyon Perrache, Paris-Bercy – Nice, Paris-Bercy – Toulouse, dan Paris-Austerlitz – Bordeaux dengan total 25 pemberhentian.

FlixTrain, cabang dari FlixMobility Group, yang juga merupakan bagian dari FlixBus, adalah satu-satunya kandidat untuk lima koneksi kereta. Menurut FlixTrain, perusahaan tidak berencana untuk menawarkan kereta api berkecepatan tinggi, tetapi sebuah penawaran yang setara dengan kereta api antarkota dengan anggaran rendah.
Wifi

“Penumpang akan memiliki wifi yang mereka miliki, dan power point. Kami juga akan menawarkan hiburan, makanan ringan bio. Kami akan dapat menawarkan layanan yang lebih efisien dan lebih murah. Kami tahu dari data kami bahwa ada permintaan besar untuk perjalanan yang lebih murah di koneksi kereta ini, kami bahkan mempertimbangkan kereta malam di jalur Paris-Nice,” kata dia.

Baca juga: Ribuan Warga Turin Unjuk Rasa Dukung Hadirnya Kereta Berkecepatan Tinggi ke Lyon

FlixTrain sendiri mengatakan, kereta mereka direncanakan akan menggunakan kelas multi sistem BB36000 dengan kapasitas 400 dan seribu penumpang per kereta. Saat ini, FlixTrain sendiri diketahui masih dalam proses menerima lisensi operasi dan sertifikat keselamatan.

Leave a Reply