Frankfurt Autobahn A5, Jalan Tol Pertama dengan Kabel Listrik Aliran Atas

Foto: Silas Stein

Kabel listrik aliran atas (LAA) lumrah terlihat di jaringan rel kereta Jabodetabek, atau di beberapa negara maju, rangkaian kabel LAA digelar untuk mendukung pengoperasian bus listrik. Namun belum ada terobosan untuk menghadirkan kabel LAA yang membentang di jalan tol (bebas hambatan). Sampai akhirnya datang berita dari Frankfurt, Jerman, dimana untuk pertama kalinya tersedia apa yang disebut electric highway.

Baca juga: Mampu Angkut 250 Penumpang, BYD Automobile Luncurkan Bus Listrik Terpanjang di Dunia

Dikutip dari bloomberg.com (13/5), jalan tol listrik tersebut berada di selatan Frankfurt, atau persisnya di jalur autobahn A5. Jalur tol listrik yang baru dibuka sepekan ini membantangkan kabel LAA sepanjang 10 kilometer. Sebagai penggunanya baru satu truk, tahun depan (2020) rencananya aka nada empat truk listrik yang beroperasi di lintasan tol listrik.

Sistem jalan tol listrik ini dibangun oleh manufaktuk elektronik asal Munich, Siemens AG. Sementara yang memasok truk-nya adalah Volkswagen Scania Truck. Konsep jalan tol listrik ini dipersiapkan untuk operasional truk hybrid, artinya truk yang melakukan pengisian ulang energi di baterai lewat pantograf, mirip dengan model bus listrik dengan pantograf. Selesai proses isi ulang, truk dapat melanjutkan ke jalur (jalan) konvensional.

Proses pengisian (charging) listrik dilakukan sembari truk melaju dengan kecepatan 90 kilometer per jam. Dengan laju kecepatan yang tinggi. Pola pengisian listrik dengan pantograph dinilai lebih cepat ketimbang cara charging di stasiun yang memakan waktu lebih lama. Selain mengandalkan pasokan energi listrik, truk hybrid juga mengadopsi mesin diesel.

Baca juga: BYD K9 – Inilah Bus Listrik untuk Koridor 13 TransJakarta

Di masa depan, jalan tol listrik dapat pula dimanfaatkan untuk mendukungb konsep bus listrik generasi terbaru.Siemens sejak tahun 2010 sudah merintis jalur jalan listrik di luar Berlin. Selain itu, Siemens pada tahun 2016 telah membangun landscape track listrik di Stockholm. Saat ini Pemerintah Negara Bagian California dikabarkan juga tertarik pada penerapan teknologi yang ramah lingkungan ini.