Gaet Gentex, Airbus Siap Tingkatkan Pengalaman Penumpang via Dimmable Windows

0
ilustrasi dimmable windows. sumber: newatlas.com

Selain turbulensi, satu lagi masalah yang kerap memberikan dampak terhadap penumpang adalah kesulitan beristirahat – terlebih ketika mereka melakoni perjalanan jarak jauh. Bukan melulu karena kurang nyamannya seat yang mereka duduki atau minimnya aktivitas yang dapat dilakukan, tapi ini lebih kepada pancaran sinar matahari yang masuk ke dalam kabin. Ya, memang cara untuk mengatasi masalah ini sebenarnya sudah ada sejak dulu, yaitu dengan menggunakan penutup kaca. Namun apa jadinya jika penumpang ingin meminimalisir cahaya yang masuk ke dalam kabin, namun masih bisa melihat pemandangan di luar? Dimmable windows jawabannya!

Baca Juga: Saat Take Off and Landing, Penutup Jendela Pesawat Wajib Dibuka, Inilah Sebabnya!

Ya, dimmable windows menjadi salah satu jalan keluar bagi penumpang yang kerap kali mengalami masalah seperti yang sudah diuraikan di atas. Dan beruntungnya, pada perhelatan CES 2020 yang diadakan di Las Vegas awal Januari ini, Gentex Corporation mengumumkan bahwa raja produsen kedirgantaraan saat ini, Airbus menawarkan versi terbaru dari dimmable windows.

Seperti yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman samchui.com (9/1), Gentex mengatakan bahwa Electronically Dimmable Windows (EDW) yang ditawarkan oleh Airbus ini memungkinkan penumpang untuk secara sefektif menggelapkan kaca sesuai yang diinginkan – kendati digelapkan, namun mereka masih bisa melihat pemandangan di luar pesawat. Tidak seperti dimmable windows yang diperkenalkan oleh Boeing 787 Dreamliner, EDW milik Airbus ini mampu menghilangkan lebih dari 99,999 persen visible light secara efektif.

Gentex menjelaskan bahwa EDW yang mereka kembangkan menggunakan gel elektrokromik eksklusif yang dienkapsulasi di antara dua panel kaca.

“Kami bekerja sama dengan Airbus untuk mengintegrasikan teknologi dimmable windows terbaru sambil meningkatkan kualitasnya dengan menggunakan lapisan khusus tambahan,” ujar pihak Gentex.

Baca Juga: Berkat Lubang Kecil Ini, Jendela Pesawat Dipastikan Bebas Kabut

Tidak hanya menguntungkan penumpang, penggunaan EDW ini juga dapat menghemat kas pihak maskapai karena kaca anyar ini masuk ke dalam single line-replaceable unit, sehingga akan menghemat waktu pemasangan dan perawatan.

“EDW ini akan menguntungkan operator pesawat dan penumpang dalam waktu yang bersamaan, yang pada akhirnya akan meningkatkan pengalaman untuk semua orang yang ada di dalamnya,” terang Gentex.

Leave a Reply