Gagahnya Airbus A320 Eurowings Livery Klub Sepak Bola Borussia Dortmund

0
Airbus A320 Eurowings yang mengenakan livery khusus klub sepak bola Borussia Dortmund. Jadi terlihat seperti pesawat official klub, bukan? Foto: Marvin Mutz via Wikimedia Commons

Bagi avgeek sekaligus penggemar klub sepak bola pemilik penyerang haus goal Erling Håland, Borussia Dortmund, kini bisa melihat warna kebesaran dan bendera kebanggan klub di pesawat Airbus A320 Eurowings lebih sering. Itu terjadi menyusul keputusan menambah rute ke kota-kota di Mediterania menyambut musim panas tahun ini.

Baca juga: Intip Mewahnya Airbus A380 Emirates yang Digunakan Klub Bola Real Madrid

Hanya saja, pesawat menggunakan livery klub sepak bola yang bermarkas di Signal Iduna Park itu tidak dijadikan sebagai pesawat khusus klub, melainkan ekspansi pasar Eurowings ke berbagai tujuan dengan Bandara Dortmund (DTM) menjadi basisnya.

Selama musim panas ini, pesawat dengan nomor registrasi D-AIZR akan lebih aktif melayani penerbangan internasional ke berbagai kota di tiga negara; Spanyol, Italia, dan Yunani. Pesawat kedua dengan livery serupa bahkan sedang dipersiapkan guna mengantisipasi lonjakan penumpang.

Airbus A320 Eurowings livery Borussia Dortmund sebetulnya sudah ada sejak 2016 lalu. Ketika itu, pesawat lansiran tahun 2013 yang dihibahkan Lufthansa ke anak perusahannya ini pada 2015 lalu, mengoperasikan penerbangan perdana dengann livery tersebut bersama tim dan official Borussia Dortmund.

Pamor klub dan maskapai sempat meningkat pada saat itu. Meski sempat turun, namun, pesawat beserta rute keberangkatan dari kota itu lambat laun kembali meningkat seiring jinaknya pandemi Covid-19.

Bila tak ada aral melintang, maskapai menjamin bahwa pesawat dengan livery Borussia Dortmund tersebut akan menjadi tamu tetap Kota Dortmund usai hilir mudik bepergian ke beberapa rute baru ke kota-kota besar di Eropa (Mediterania) mula Juni 2021 mendatang. Di musim panas, kota-kota di Mediterania serta pesisir Eropa memang menjadi destinasi wisata favorit wisatawan domestik dan mancanegara untuk menikmati matahari.

“(Pesawat ini) akan menjadi tamu tetap di Dortmund di masa depan dan lepas landas dari bandara asalnya di wilayah Ruhr. Ini berarti bahwa penggemar BVB dari wilayah Ruhr akan memiliki kesempatan untuk bertemu ‘pesawat (klub kesayangan) mereka’ lebih sering daripada sebelum-sebelumnya,” tulis Eurowings dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip Simple Flying.

Adapun rute-rute keberangkatan Kota Dortmund, Jerman, yang dijajaki Eurowings mulai Juni 2021 mendatang lengkapnya seperti di bawah ini.

Spanyol
Dortmund-Alicante hingga dua kali seminggu
Dortmund-Malaga hingga dua kali seminggu

Italia
Dortmund-Catania hingga tiga kali seminggu
Dortmund-Neapel hingga dua kali seminggu

Yunani
Dortmund-Heraklion hingga tiga kali seminggu
Dortmund-Kavala hingga dua kali seminggu

Baca juga: Tandai 2 Tahun Menuju Piala Dunia 2022, Pesawat Qatar Airways Gunakan Livery Spesial

Rute-rute di atas akan melengkapi penerbangan keberangkatan Dortmund ke berbagai kota-kota di Eropa yang sudah ada, seperti ke Mallorca (Spanyol), Split (Kroasia), dan penerbangan domestik ke Munich, Jerman. Itu termasuk penerbangan tambahan Eurowings ke Mallorca hingga 16 kali seminggu serta penerbangan ke Munich yang akan beroperasi hingga 11 kali seminggu.

“Dortmund bukan hanya rumah mitra kami Borussia Dortmund, tapi juga tempat asal Eurowings. Bersama dengan semua penduduk Dortmund, kami senang bahwa ‘BVB Mannschafts-Airbus’ sekarang dapat lebih sering lepas landas dari sini,” kata Jens Bischof, CEO Eurowings.

LEAVE A REPLY