Gandeng TikTok, Penumpang American Airlines Kini Bisa TikTok-an Saat Pesawat di Udara

0
Sumber: TheOddiseyOnline

American Airlines belum lama ini mengumumkan kemitraan barunya dengan TikTok. Ini memungkinkan setiap penumpang maskapai di rute-rute pendek menggunakan armada pesawat narrowbody, bisa mengakses konten-konten TikTok (TikTok-an) saat dalam penerbangan (on board) secara gratis.

Baca juga: Pengguna TikTok Guyur Kaki Penumpang yang Naik ke Sandaran Kursi Pesawat

TikTok sejak pertama kali hadir sampai saat ini memang terus booming di Amerika Serikat (AS). Meski pamornya sempat meredup di era Presiden Donald Trump akibat masuk daftar hitam entitas bisnis asal Cina, tetapi, di era Presiden Joe Biden, itu dibatalkan dan pamor aplikasi jejaring sosial dan platform video musik tersebut kembali melesat.

Dalam beberapa riset, warga AS bahkan disebut lebih banyak menghabiskan mengakses TikTok dibanding Instagram, yang notabene lahir dan besar di AS. Tak ayal, dengan kondisi tersebut, American Airlines kukuh untuk menjalin kemitraan dengan perusahaan pengembang aplikasi asal Cina itu untuk memungkinkan penumpang mengakses TikTok saat pesawat di udara.

Dilansir dari Simple Flying, agar bisa mengakses TikTok di udara, mula-mula, seluruh penumpang harus menghubungkan ponsel masing-masing ke WiFi “AA-Inflight” terlebih dahulu. Andaipun sinyal WiFi on board AA-Inflight tidak terbaca di ponsel penumpang, mereka bisa membuka aainflight.com dan mengakses portal WiFi.

Setelah itu, pengguna yang sudah mengunduh aplikasi TikTok sebelumnya bisa langsung menikmati konten-konten di aplikasi tersebut. Bagi yang belum, penumpang bisa mengunduhnya terlebih dahulu. Itu sah-sah saja, tetapi tidak lebih simpel dibanding penumpang yang sudah mengunduh sebelum terbang.

Setiap penumpang diberi kesempatan untuk mengakses TikTok secara gratis selama 30 menit. Setelahnya, akan ada notifikasi bahwa akses WiFi on board penumpang sudah habis. Penumpang bisa saja memilih melanjutkan TikTok-an dengan membayar WiFi premium.

Perlu dicatat, WiFi on board yang tersedia di penerbangan American Airlines, dalam program ini, hanya bisa digunakan untuk mengunduh dan mengakses konten-konten di TikTok, tidak untuk penggunaan lain di luar itu.

Sebelum ini, sebetulnya keberadaan WiFi on board tidak banyak berguna di penerbangan. Sebab, tingkat kecepatannya sangat rendah. Jadi, tidak bisa menonton video di Instagram dan TikTok atau aplikasi sejenis dengan nyaman.

Tetapi setelah menjalin kemitraan bersama perusahaan teknologi, Viasat, penumpang American Airlines bisa mengakses WiFi on board dengan cepat.

“WiFi yang lebih cepat memungkinkan kami untuk memberikan pilihan hiburan dalam penerbangan yang berbeda dan berinvestasi dalam kemitraan inovatif dengan platform seperti TikTok,” kata Clarissa Sebastian, Managing Director Premium Customer Experience and Onboard Products American Airlines.

Baca juga: Pramugari ini Bikin Video TikTok Tentang ‘Kotornya’ Air Panas di Dalam Kabin

“Pelanggan memainkan peran utama dalam membantu kami lebih memahami konten apa yang mereka inginkan selama pengalaman penerbangan mereka dan TikTok adalah salah satu platform yang mereka sukai di lapangan, dan kami senang bekerja dengan Viasat untuk memberikan pelanggan akses gratis ke TikTok saat mereka ‘ berada di udara juga,” lanjutnya.

American Airlines diketahui sudah sejak beberapa tahun belakangan menghilangkan layar In-Flight Entertainment (IFE) di belakang kursi. Sebagai gantinya, penumpang diberi keleluasaan untuk streaming berbagai video, musik, film, games, dan lainnya yang telah disediakan maskapai.