Garuda Indonesia Raih 11 Gelar di Skytrax World Airline Awards 2021, Apa Saja?

0
Garuda Indonesia

Meski bisnis penerbangannya masih terseok-seok, Garuda Indonesia berhasil meraih penghargaan prestisius, Skytrax World Airline Awards 2021. Tak tanggung-tanggung, flag carrier Indonesia ini berhasil masuk dalam jajaran maskapai global terbaik di tujuh kategori unggulan.

Baca juga: Lengserkan Changi, Bandara Hamad Jadi Nomor Satu Versi Skytrax

Tujuh itu mulai dari Top 15 World’s Best Airline, Top 4 World’s Best Airline Cabin Crew, Top 5 World’s Best Airport Service, Top 20 World’s Best First Class Airlines, Top 20 World’s Best Business Class Airlines, Top 10 World’s Best Economy Class Airlines, sampai Top 6 Best Airline Staff in Asia.

Di era pandemi Covid-19, Garuda Indonesia juga berhasil meraih penghargaan khusus yang hanya diberikan kepada 41 maskapai di seluruh dunia; 2021 Covid-19 Airline Excellence Awards.

Ini tentu sangat prestisius, mengingat di dunia ada sekitar 5.000-5.500 maskapai dan Garuda Indonesia masuk dalam 41 di antaranya terkait upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di pesawat dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Tak sampai di situ, Garuda Indonesia juga melengkapi penghargaan internasionalnya dengan menyabet tiga gelar domestik; Best Airline in Indonesia, Best Cabin Crew in Indonesia, dan Best Airline Staff in Indonesia.

Atas capaian ini, Direktur Utama, Garuda Indonesia Irfan Setiaputra, mengungkapkan, “Capaian ini memiliki arti tersendiri atas manifestasi Garuda Indonesia untuk selalu menghadirkan layanan penerbangan terbaik di masa yang penuh dengan tantangan dengan menjadikan keamanan dan kenyamanan penumpang sebagai prioritas utama kami.”

“Penghargaan ini turut merepresentasikan komitmen berkelanjutan kami dalam menjalankan fundamen penting sebagai national flag carrier untuk secara konsisten menghadirkan aksesibilitas layanan penerbangan dengan kualitas terbaik bagi seluruh pengguna jasa ditengah situasi yang tidak mudah dalam menghadapi tantangan kinerja usaha saat ini,” tambahnya.

“Momentum ini juga menambah optimisme kami untuk terus bergerak adaptif dan berinovasi dalam memastikan komitmen bisnis berkelanjutan berjalan selaras dengan visi kami dalam menjawab kebutuhan masyarakat atas layanan penerbangan yang aman dan nyaman, sejalan dengan filosofi layanan kami untuk selalu berupaya mengerti kebutuhan pengguna jasa, #BecauseYouMatter dengan menghadirkan pengalaman penerbangan terbaik bagi mereka,” jelas Irfan.

Dalam laman resmi Skytrax, penilaian tim panelis dalam Skytrax World Airline Awards 2021 berdasarkan data-data yang ada, bukan pesanan, sebagaimana dugaan banyak kalangan.

Disebutkan, awarding tahun ini didasari atas survei yang telah dilakukan sejak Agustus 2020 sampai Juli 2021, di lebih dari 100 negara, 500 bandara, menggunakan biaya sendiri alias tanpa sponsor, semata untuk menjaga netralitas penilaian.

Baca juga: Garuda Indonesia Mulai Uji Coba Penerapan IATA Travel Pass

Setidaknya, ada 39 topik dalam survei yang dilakukan daring dan luring tersebut, mulai dari keselamatan, kenyamanan, keamanan, layanan, sampai inovasi.

Sedangkan untuk “2021 Covid-19 Excellence Awards”, Skytrax menyebut ada 10 topik yang disurvei, mulai dari Covid-19 information signage sampai washroom cleanliness.